Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Musim 2018 Baju Pebalap MotoGP Wajib Dilengkapi "Airbag"

Kompas.com - 12/01/2018, 08:42 WIB
Aditya Maulana

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - MotoGP musim 2018 punya regulasi baru yang dirancang untuk meningkatkan keselamatan pebalap. Baju setiap riders wajib dilengkapi dengan kantung udara alias airbag.

Komisi Grand Prix, seperti dilansir laman motorsport.com, Jumat (12/1/2018) menjelaskan bahwa baju balap di semua kelas kejuaraan MotoGP wajib dilengkapi fitur tersebut. Bahkan, pada sesi latihan pun harus dipakai.

Pebalap wild card, satu-satunya yang mendapatkan pengecualian, begitu juga dengan pebalap pengganti. Namun hanya untuk dua balapan pertama saja, setelah itu wajib mengikuti aturan tersebut.

Baca juga: Bursa Transfer Pebalap MotoGP Mulai Memanas

Kantung udara pada baju balap itu harus menutupi dan melindungi, setidaknya bahu dan tulang. Perlindungan pada bagian punggung penuh atau tengah merupakan opsional.

Andrea Dovizioso MotoGP Sepang Andrea Dovizioso MotoGP Sepang

Namun, jika pabrikan memilih untuk memiliki perlindungan punggung, maka harus mencakup seluruh tulang belakang pebalap. Sebelum itu, airbag itu harus melewati serangkaian tes untuk membuktikan agar sepenuhnya sesuai dengan regulasi.

Langkah selanjutnya, masing-masing tim harus mengesahkan diri di dalam dokumen resmi untuk baju balap, bahwa sistem tersebut sepenuhnya mematuhi peraturan dan standar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com