Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siapa Saingan Merek Lexus di Indonesia?

Kompas.com - 21/12/2017, 10:02 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Walau sudah dua tahun penjualan terus meninggi, Lexus Indonesia selalu menjelaskan volume bukan target utama. Bidikan utama yaitu menjadi merek yang dipercaya orang kaya.

Baca: Lexus Indonesia Cetak Rekor Penjualan Lagi

Biar terpercaya, Lexus Indonesia fokus pada layanan konsumen. Lexus Indonesia dikenal sering memberikan layanan yang kadang sampai bikin geleng kepala namun sangat memanjakan konsumen, misalnya memberikan tiket konser, antar jemput saat banjir, hingga menyediakan ruang parkir khusus mobil Lexus di mal dengan nilai kontrak miliaran rupiah.

Baca: Enggak Ribet Cari Parkir Mobil Lexus di Mal

Melayani konsumen yang sanggup membeli mobil harga miliaran rupiah memang butuh perlakuan khusus. Pilihan arah Lexus Indonesia itu bikin positioning-nya unik, jadi kesannya tidak bisa disandingkan dengan merek mewah lain.

“Patokan kami ke industri hospitality (perhotelan). Kalau dibandingkan secara merek, apakah layanannya seeksklusif itu? Kami memang persaingannya agak tidak relevan,” ujar General Manager Lexus Indonesia Adrian Tirtadjaja, di Jakarta, Selasa (5/12/2017).

Miss Universe 2016 Iris Mittenaere (tengah) ditemani Puteri Indonesia 2017 Bunga Jelitha Ibrani (kanan) dan Adrian Tirtadjaja, General Manager Lexus Indonesia.Lexus Indonesia Miss Universe 2016 Iris Mittenaere (tengah) ditemani Puteri Indonesia 2017 Bunga Jelitha Ibrani (kanan) dan Adrian Tirtadjaja, General Manager Lexus Indonesia.

Adrian menjelaskan di dunia Lexus di Indonesia yang isinya konglomerat, uang bukanlah batasan. Jadi konsumen bisa tidak membatasi diri saat memilih membeli mobil Lexus atau yang lainnya.

“Kalau resource-nya terbatas jadinya punya saingan. Di Lexus ini tidak terbatas, dia beli BMW Seri 7, dia beli Bentley, terus kalau dia beli Lexus ya beli saja, enggak ada yang dijual salah satunya. Di dunia level saya ini, yang Rp 1 miliar ke atas ini, uangnya tidak terbatas, jadi dia enggak perlu membatasi diri,” ucap Adrian. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com