Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ucapkan "Selamat Tinggal" buat Suzuki Swift

Kompas.com - 18/12/2017, 12:22 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Pesaing sebenarnya buat Honda Jazz dan Toyota Yaris dari Suzuki, Swift, sudah beralih ke generasi baru, ketiga. Sayangnya Suzuki di Indonesia belum menentukan apakah bakal menjual hatchback medium itu di dalam negeri.

Suzuki Indomobil Sales (SIS) terekam sudah tidak melakukan wholesales generasi kedua Swift sejak April. Penjualan model impor Thailand itu ke diler pada tahun ini cuma terekam dilakukan pada Januari – Maret sebanyak 92 unit. Swift juga sudah menghilang dari situs resmi Suzuki Indonesia.

Baca: Suzuki Tinggal Habiskan Stok Swift di Diler

Posisi Swift saat ini bisa dikatakan diisi Baleno hatchback yang meluncur pada Agustus lalu. Dimensi kedua model itu mirip. Suzuki Indonesia kini menyerang Jazz dan Yaris dengan harga murah Baleno hatchback.

Suzuki Baleno HatchbackAditya Maulana - Otomania Suzuki Baleno Hatchback

 

R. Uchiki GM Strategic Planning Department Suzuki Indomobil Motor menjelaskan ada kendala bila generasi ketiga Swift ingin dijual di Indonesia, yaitu soal harganya yang bakal lebih mahal. Hal itu tidak sesuai ekspektasi masyarakat Indonesia bahwa hatchback seharusnya lebih murah dari MPV.

“Kalau Suzuki membayar biaya distribusi dan bayar beberapa pajak, harganya akan tidak sesuai, takutnya,” kata Uchiki.

Dia tidak menjelaskan eksplisit apakah Baleno hatchback memang bertugas menggantikan posisi Swift. Meski begitu dijelaskan, Baleno hatchback muncul karena Suzuki Indonesia memiliki kepercayaan diri bisa kompetitif dengan spesifikasi dan harga yang dibawanya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com