Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BMW Indonesia Pelopori Transfer Teknologi “Charging Station”

Kompas.com - 15/12/2017, 11:22 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Pemerintah terus menggenjot pemanfaatan tenaga listrik untuk transportasi. Mulai dari regulasi, produknya maupun melalui menyediakan infrastruktur stasiun pengisian listrik umum (SPLU).

Jika Mitsubishi menyerahkan model kendaraan listriknya ke Kementerian Perindustrian untuk dipelajari, BMW Indonesia lebih memilih PLN sebagai media untuk alih teknologi soal stasiun pengisiannya, dengan memberikan satu unit BMW i Wallbox.

Alat tersebut mudah dioperasikan menggunakan kartu RFID (Radio Frequency Identification) dan dapat berkomunikasi dengan kendaraan listrik, untuk menyalurkan tenaga sebesar 7,4kW dengan instalasi listrik 1 phase, smapai 22kW dengan instalasi listrik 3 phase.

 “Kami senang sekali BMW mempelopori proyek ini ke kami, BMW jadi inisiator. Belum ada merek lain baru BMW, kemungkinan dalam waktu dekat ada produsen lain. Kami lagi mendekati beberapa yang lain, yang punya mobil listrik,” ujar Ikhsan Asaad, General Manager PLN Disjaya, Kamis (14/12/2017).

Baca juga : Kembangkan SPLU, PLN Gandeng BMW Indonesia

Presiden Direktur BMW Group Indonesia, Karin Lim (kiri) dan General Manager PLN Distribusi Jakarta Raya, Ikhsan Asaad (tengah) foto bersama saat acara kick off pengembangan charging stasion SPLU di Kantor PLN Disjaya, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (14/12/2017). PLN Distribusi Jakarta Raya (Disjaya) menargetkan 1000 SPLU (Stasiun penyedia listrik umum) untuk mempemudah kebutuhan listrik masyarakat di tempat umum.KOMPAS.com / GARRY ANDREW LOTULUNG Presiden Direktur BMW Group Indonesia, Karin Lim (kiri) dan General Manager PLN Distribusi Jakarta Raya, Ikhsan Asaad (tengah) foto bersama saat acara kick off pengembangan charging stasion SPLU di Kantor PLN Disjaya, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (14/12/2017). PLN Distribusi Jakarta Raya (Disjaya) menargetkan 1000 SPLU (Stasiun penyedia listrik umum) untuk mempemudah kebutuhan listrik masyarakat di tempat umum.

Dibawakan Ahli dari Jerman

Tak berhenti hanya menyerahkan satu unit charging station canggihnya, Jodie O’Tania, Vice President Corporate Communication BMW Group Indonesia mengatakan, mereka bakal memboyong tenaga ahlinya dari Jerman untuk berbagi ilmu soal SPLU ke PLN Disjaya.

“Jadi setelah hari ini akan ada workshop lagi bersama dengan rekan-rekan internal PLN dan kami hadirkan ahli dari BMW Jerman, yang menguasai teknologinya, maupun soal infrastrukur, serta berbagi pengalaman mengembangkan SPLU di banyak negara,” ujar Jodie.

“Kemudian kami juga akan memberikan masukan lewat ahli tersebut, terkait apa yang sebenarnya dibutuhkan untuk bisa menghadirkan infrastruktur yang memadai bagi kendaraan listrik di Indonesia, itu yang akan kami share. Jadi pemberian BMW i Wallbox hanya permulaan saja,” tutur Jodie.

Jodie menambahkan kalau perangkat BMW i Wallbox bisa digunakan oleh PLN untuk keperluan apapun, bisa dibongkar dan dilihat teknologinya. “Jadi memang akan digunakan untuk penelitian dan pengembangan PLN,” tutur Jodie.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com