Konsep MPV Rasa SUV Mulai Diikuti Para Rival - Kompas.com

Konsep MPV Rasa SUV Mulai Diikuti Para Rival

Alsadad Rudi
Kompas.com - 28/11/2017, 16:02 WIB
Sensasi berkendara bersama Xpander terasa mirip sedan.Manut Sensasi berkendara bersama Xpander terasa mirip sedan.

Jakarta, KompasOtomotif - Kemunculan Mitsubishi Xpander boleh jadi disebut fenomena. Bagaimana tidak, sejak kemunculannya pada Agustus 2017, jumlah pesanan yang masuk kabarnya sudah mencapai 40.000 unit lebih. Kondisi ini mirip ketika duet maut Avanza-Xenia meluncur ke pasar, 2004 lalu. Tapi, dulu belum ada pesaing di segmen ini, kalau sekarang sudah ramai model yang mengisi ceruk yang sama.

Konsep multi purpose vehicle ( MPV) dengan cira rasa sport utility vehicle ( SUV) pada Xpander cukup jitu menangkap animo pasar. Selain, kompetitor lain yang tidak ada ubahan tentunya, jadi sudah bosan juga. Daihatsu yang terakhir coba memanfaatkan bungkusan MPV rasa SUV, lewat peluncuran Xenia Custom. Ubahan yang dilakukan Daihatsu, hanya di seputar eksterior saja.

Mitsubishi Xpander sejatinya merupakan sebuah low MPV, sama seperti Avanza, Xenia, dan Ertiga. Namun mobil berjuluk "Baby Pajero" ini dianggap punya tampilan yang lebih mirip sport utility vehicle (SUV). Terlihat dari desain sporty dan ground clearance yang lebih tinggi.

Keberadaan MPV rasa SUV dari Xpander inilah yang belakangan mulai diikuti para rival.

Baca juga : Daihatsu Bilang, Konsumen Mulai Suka MPV Rasa SUV

Daihatsu All New Terios yang diluncurkan di Jakarta, Kamis (23/11/2017)KompasOtomotif/Alsadad Rudi Daihatsu All New Terios yang diluncurkan di Jakarta, Kamis (23/11/2017)

Beberapa pekan sebelum peluncuran model terbaru duet kembar Rush dan Terios, PT Astra International menyampaikan hasil studi pasar terkait minat konsumen. Hasil studi tersebut menyebutkan saat ini mulai banyak konsumen MPV yang ingin mobilnya punya kesan sporty. Sesuatu yang sebenarnya lebih identik dengan SUV.

Supranoto, Deputy Chief Executive PT Astra International Tbk – Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) menilai, keinginan konsumen inilah yang membuat ke depannya antara MPV dan SUV akan mulai tipis perbedaannya.

Baca juga : Toyota Sudah Tidak Jual Rush 5-Penumpang

"Seperti yang saya sampaikan, sekarang mulai ada percampuran antara SUV dan MPV. Karena memang SUV pun sekarang sudah 7-seater, dan itu berarti adalah family yang melekat pada model MPV,” kata Supranoto.

Toyota All-New RushFebri Ardani/KompasOtomotif Toyota All-New Rush

Agak berbeda pada model terbaru duet Rush dan Terios, baik Toyota dan Daihatsu, kedua model ini bergenre low sport utility vehicle (LSUV). Namun, keduanya sama-sama menyatakan bahwa Rush dan Terios adalah SUV yang memiliki keunggulan dapat membawa tujuh penumpang, sesuatu yang menjadi keunggulan MPV.

Informasi terakhir yang masuk, Suzuki juga dikabarkan lagi menyiapkan generasi terbaru Ertiga yang bakal dikemas lebih terasa SUV. Kabarnya, generasi baru Ertiga itu bakal lebih panjang dan tinggi dari model lawas.

Sampai saat ini, petinggi Suzuki Indomobil Sales (SIS) belum bersedia berkomentar mengenai model terbaru Ertiga. Namun seorang sumber internal menyeburkan bahwa Ertiga nantinya akan memiliki model layaknya SUV. Acuannya tak lain adalah Xpander.

Keputusan ini sebenarnya bisa dimaklumi. Karena kini penjuakan Suzuki mulai tertekan dengan Mitsubishi. Salah satunya sejak kemunculan Xpander yang menggerus pasar Ertiga.

Baca juga : Ancaman Mitsubishi Mutlak, Suzuki All New Ertiga Harus Meluncur

Rendering Suzuki Ertiga Baru Rendering Suzuki Ertiga Baru

PenulisAlsadad Rudi
EditorAgung Kurniawan
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM