Hino Tularkan Berkendara Aman untuk Sopir Truk di Makassar - Kompas.com

Hino Tularkan Berkendara Aman untuk Sopir Truk di Makassar

Ghulam Muhammad Nayazri
Kompas.com - 31/10/2017, 15:05 WIB
Kompetisi Safety Driving, tes reverse parking.Istimewa Kompetisi Safety Driving, tes reverse parking.

Makassar, KompasOtomotif – PT. Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) kembali tularkan virus berkendara aman kepada para pengemudi truk. Penyelenggaraan kampanye untuk keempat kalinya ini dilakukan di Makassar, salah satu pasar yang dikuasai Hino.

Dasar kampanye ini demi mendukung program pemerintah “Dekade Aksi Keselamatan Jalan”, yang telah diinstruksikan oleh Presiden Indonesia melalui inpres No.4 tahun 2013, terutama pada pilar IV, yaitu terkait perilaku pengguna jalan dan berkeselamatan.

“Keselamatan jadi unsur penting dalam penyelenggaraan transportasi, karena kecelakaan bisa menimbulkan kerugian besar, baik manusia maupun harta bendanya,” ujar Hiroo Kayanoki, Presiden Direktur HMSI, dalam siaran resminya, Senin (30/10/2017).

Kampanye keselamatan ini juga dibungkus dengan ajang “Hino Dutro Safety Driving Competition” yang  digelar di Lapangan Parkir Pipo Mall. Ada dua pengujian, pertama tes tertulis dengan materi seperti daily inspection, proper driving, economical driving, safety driving, dan tanda rambu lalu lintas.

Baca juga : Hino Jadi Raja Truk Jabodetabek

Lalu 10 pengemudi terbaik dari hasil tes pertama, melanjutkan tanangan dengan mempraktekan inspection test dan skill test berupa zig–zag forward dan backward, serta reverse parking.

Kompetisi Safety Driving Hino, tes zig-zag.Istimewa Kompetisi Safety Driving Hino, tes zig-zag.

“Melalui acara ini para driver mendapat pengalaman yang berharga, sekaligus menambah skill yang kami punya. Kami tentunya harus terus menggali dan belajar, untuk bisa memgemudi dengan aman dan tertib demi keselamatan bersama,” tutur Paharuddin dari PT Kawipusaka Raharja sebagai juara pertama.

Pasar Makassar

Melalui kegiatan seperti itu, Hino berharap bisa memperkuat posisi sebagai market leader di Sulawesi Selatan. Sepanjang 2017 ini (Januari-September), Hino berhasil menguasai pangsa pasar medium duty truck (MDT) sebesar 50,31 persen, atau terjual 160 unit kendaraan.

Sedangkan untuk kelas truk ringan (light duty truck/LDT), Hino kebagian jatah kue sebesar 26,91 persen, dengan penjualan mencapai 314 unit selama sembilan bulan.

“Makassar area yang penting bagi Hino, pasalnya di sini sedang giat dalam pembangunan infrastruktur, sehingga mendorong perputaran roda ekonomi. Selain itu, letaknya yang strategis membuat wilayah ini jadi pusat perdagangan di Indonesia Timur, inilah yang menujang penjualan Hino cukup baik,” ujar Santiko Wardoyo, Direktur Penjualan dan Promosi HMSI.

PenulisGhulam Muhammad Nayazri
EditorAris F Harvenda
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM