Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Rayakan Produksi 100 Juta unit Super Cub

Kompas.com - 20/10/2017, 17:22 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Tokyo, KompasOtomotif – Sepeda motor legendaris Honda, Super Cub, mencetak sejarah pada bulan ini, yaitu mencapai produksi sebanyak 100 juta unit di seluruh dunia. Maka tidak heran, motor kecil beragam mesin itu menjadi model Honda paling terkenal seantero jagad.

Dalam siaran resmi dijelaskan, Honda Motor Co., Ltd merayakan prestasi baru itu di pabrik Kumamoto yang memproduksi Super Cub di Jepang, pada Kamis (19/10/2017). Chief Executive Officer Honda Motor Co., Ltd, Takahiro Hachigo menjelaskan Super Cub berhasil mengembangkan potensi hidupnya dengan memenuhi ekspektasi pelanggan di seluruh dunia.

Sejarah Super Cub dimulai dari model C100 4-tak 49cc bertenaga 4,5 tk yang diproduksi di pabrik Yamato pada 1958. Setahun kemudian Super Cub mulai diekspor ke Amerika Serikat, lalu pada 1961 produksi C100 dilakukan di Taiwan menggunakan komponen dari Jepang.

Generasi pertama Super Cub lahir menjadi produk alternatef di saat kebanyakan motor dilengkapi mesin 2-tak. Keuntungan yang ditawarkan yaitu ketahanan dan irit, selain itu Super Cub juga punya desain unik sasis rendah yang memudahkan pengemudi naik-turun.

Baca: Honda Kembali Produksi Bebek "Pitung Puluh"

Sampai saat ini Super Cub diproduksi di 16 pabrik yang ada di 15 negara di seluruh dunia. Penjualannya juga mendunia, termasuk di Indonesia. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com