Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/10/2017, 15:01 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

 

Jakarta, KompasOtomotif – Calon skuter listrik nasional, Gesits, ternyata mencuri perhatian Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan, yang ikut menjajal performa produk anak bangsa ini, di halaman depan Gedung Kementerian ESDM Jalan Medan Merdeka Selatan, Kamis (19/10/2017).

Jonan mengakui akan kualitas dari Gesits sendiri, di mana ketika ditayakan kesannya, kata “bagus” yang kemudian terlontar. Bahkan, dirinya menyebutkan bakal melaporkan hal ini kepada Presiden Joko Widodo.

“Saya akan lapor Bapak Presiden, karena tiga bulan lalu beliau juga menugaskan Kementerian ESDM untuk mengoordinasikan peraturan tentang kendaraan listrik. Sekarang juga kan barangnya sudah siap dikomersialkan,” ujar Jonan setelah mencoba Gesits.

Baca juga : Menteri Jonan Kepincut Skuter Listrik Gesits

Jonan menyebut alasan Pemerintah dan Presiden mendukung kendaraan listrik, di mana yang pertama adalah terkait isu lingkungan. Kemudian yang kedua berhubungan dengan kemandirian nasional.

“Kalau misalnya mobil dan motor sudah menggunakan listrik, sumber listriknya itu sendiri berasal dari batu bara, gas, matahari, air, dan panas bumi, semuanya itu bisa diperoleh secara lokal,” tutur Jonan.

Pihak Garansindo Grup dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) sebagai pihak penggagas Gesits, saat ini resmi menggandeng PT Wika Industri dan Konstruksi yang fasilitasnya akan dijadikan tempat produksi, di Kawasan Industri Wijaya Karya (Wika) Cileungsi, Bogor, Jawa Barat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com