Salah Tambal, Ban Tubeless Malah Bisa Rusak! - Kompas.com

Salah Tambal, Ban Tubeless Malah Bisa Rusak!

Stanly Ravel
Kompas.com - 12/10/2017, 14:22 WIB
Ilustrasi ban bocor tertusuk paku.Febri Ardani/KompasOtomotif Ilustrasi ban bocor tertusuk paku.

Jakarta, KompasOtomotif - Menggunakan ban tubeless memang lebih nyaman dan tahan lama. Saat tertusuk paku atau benda tajam lain, tidak perlu khawatir ban langsung kempis karena tidak memiliki lapisan ban dalam.

Meski demikian, benda tajam tersebut harus tetap dikeluarkan agar lapisan ban bisa kembali ditambal. Sayangnya, masih banyak perlakukan salah saat menambal ban tubeless yang bocor, terutama bila melakukan perbaikan di bengkal seadanya.

Menambal permukaan ban tubeless ternyata ada metodenya. Karena bila asal atau hanya dengan cara langsung menusuk dan menyumpal karet ban yang bocor, ternyata bisa merusak struktur komponen ban.

"Yang biasa ditemui kebanyakan pakai cara string, atau tusuk dan sumpal. Dalam situasi darurat mungkin maklum yah, tapi bila lagi sial bisa bikin ban jadi rusak karena ada bagian dari komponen tertusuk," kata Rudi teknisi Planet Ban di Condet, Jakarta Timur, kepada KompasOtomotif, Kamis (12/10/2017).

Baca : Ini Kebiasaan Mubazir Saat Mengganti Ban

Menurut Rudi, cara string memang cepat dan mudah. Tapi dampak dari cara menusuk bisa mengakibatkan kerusakan pada lapisan kawat yang membuat struktur ban jadi rusak, seperti tidak rata atau bisa menimbulkan benjolan.

Pelek jari-jari ban tubelessStanly/Otomania Pelek jari-jari ban tubeless

"Biasanya kami tawarkan dibuka dulu dari pelek seperti menambal ban reguler. Lubang tadi ditambalnya dari bagian dalam bukan tusuk dari luar. Secara waktu lebih lama memang, tapi lebih aman," kata Rudi.

PenulisStanly Ravel
EditorAgung Kurniawan
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM