Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yamaha Fino Mau Pakai Ban Tapak Lebar Juga

Kompas.com - 01/10/2017, 13:02 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Yamaha Indonesia menyegarkan tampilan skutik retro Fino. Arahnya jelas, mengejar Honda Scoopy yang jauh meninggalkannya. Buktinya, salah satu ubahan pada versi baru ini adalah ukuran ban yang diperbesar.

PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menyematkan ban bertapak lebar tipe tubeless. Ukuran depan 80/80-14 dan belakang 100/70-14. Artinya, diameter pelek tetap 14 inci, tapi dengan penampang yang menyentuh aspal makin banyak.

Honda sudah lebih dulu membuat ban Scoopy versi baru lebih lebar. Malah, diameter peleknya diperkecil, dari 14 inci menjadi 12 inci. Kestabilan dan kenyamanan menjadi alasan mereka untuk menawarkan pilihan ban yang makin gendut.

Baca: Honda Scoopy Jauh Tinggalkan Yamaha Fino

Sementara ban tipe tubeless akan tetap menjaga tekanan ban dan tidak cepat berkurang meski tertusuk benda tajam. Ban tipe ini juga makin populer digunakan sebagai ban standar berbagai merek dan jenis sepeda motor di Indonesia.

Soal tampilan, matik retro Yamaha ini makin stylish karena dilengkapi lampu LED (khusus tipe Grande) yang elegan. Cahayanya lebih terang, stabil, dan fokus. Body ramping ”S” shape-nya memberi sentuhan kuat sekaligus elegan.

Yamaha Fino Grande juga mendapat ubahan warna serta ban tapak lebar.yamaha Yamaha Fino Grande juga mendapat ubahan warna serta ban tapak lebar.
Fitur Kunci
Sepeda motor ini mengemban mesin berteknologi Blue Core 125 cc. Konsumsi bahan bakar bisa ditekan, apalagi dengan dukungan fitur SSS (Stop & Smart System). Saat meisn dalam temperatur kerja, SSS akan mematikan mesin ketika sepeda motor berhenti lebih dari lima detik. Lalu, otomatis menyala saat tuas gas diputar kembali. Bahan bakar tidak terbuang percuma dalam kondisi macet.

AKS (Advance Key System) memiliki fungsi ganda untuk menemukan lokasi sepeda motor saat parkir dan membuka penutup kunci utama. Lalu, Smart Lock System membuat berkendara semakin praktis ketika harus mengunci rem saat di tanjakan atau jalan menurun.

YIMM memberikan tiga pilihan warna baru, yakni Choco Caramel (cokelat), Red Berry (merah), dan White Latte (putih). Yamaha membanderol Fino Grande Rp18,5 juta on the road Jakarta. Lalu Fino Sporty dan Fino Premium Rp 17,3 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com