Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Scoopy Jauh Tinggalkan Yamaha Fino

Kompas.com - 22/09/2017, 15:09 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Status boleh saja followe di Indonesia,  tapi Honda Scoopy mampu meninggalkan jauh Yamaha yang lebih dulu memasarkan stutik berdesain retro, lewat Fino. Duel skutik gaya klasik modern yang sama-sama menawarkan aura lifetsyle itu makin tidak seru dengan hasil penjualan yang sangat timpang.

Bulan lalu, Scoopy yang mendapat penyegaran signifikan dari PT Astra Honda Motor (AHM), Mei 2017 lalu, makin tak terkejar dengan distribusi mencapai 57.731 unit. Rata-rata penjualan pada delapan bulan pertama tahun ini tak pernah lebih rendah dari 40.000-an unit sebulan.

Dengan demikian, Scoopy dengan ban yang makin tebal plus teknologi lampu LED itu sudah mengemas penjualan total Januari-Agustus 385.968 unit, atau menjadi salah satu motor terlaris saat ini.

Baca: Scoopy Jadi ?Primadona? di Jakarta Fair Kemayoran

Bandingkan dengan jagoan Yamaha, Fino. Status pionir skutik retro modern yang melekat pada model ini rupanya tak mampu mendongkrak penjualan. PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) melepas dua varian, Fino Sporty FI dan Fino Premium FI.

Penggalan scene pada TVC Yamaha New Fino yang makin kentara membidik pasar wanita muda.captured via Youtube Penggalan scene pada TVC Yamaha New Fino yang makin kentara membidik pasar wanita muda.
Kendati demikian, penjualan total keduanya masih kalah jauh dengan Scoopy FI eSP. Masih dari data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), pada Agustus 2017 lalu, duet varian Fino, cuma mengumpulkan penjualan 8.814 unit.

Secara total, Januari hingga Agustus 2017, Fino mengemas 86.998 unit. Komposisi penjualan Fino Premium FI lebih banyak ketimbang Fino Sporty FI.

Baca: Yamaha Berusaha Angkat Lagi Pamor Fino

Fino mengemban mesin 125 cc Blue Core yang juga dipakai untuk beberapa model skutik Yamaha seperti Mio dan X-Ride. YIMM membanderol dengan patokan harga untuk tipe Sporty dan Premium Rp 17,2 juta, sedangkan tipe Grande Rp 18,4 juta.

Sementara Honda membekali Scoopy dengan mesin 110 cc eSP yang juga dipakai untuk BeAT dan Vario 110. AHM memberi banderol motor ini Rp 17,8 juta dengan tiga pilihan corak, Stylish, Playful, dan Sporty.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com