Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konsumen "MPV Sejuta Umat" Seperti Apple Vs Samsung

Kompas.com - 03/08/2017, 17:02 WIB
Stanly Ravel

Penulis


Jakarta, KompasOtomotif
- Segmen low multi purpose vehicle (LMPV) makin ramai di Indonesia, terlebih setelah kehadiran Wuling dari China dan sesaat lagi jagoan Mitsubishi berlafal Expander. Menanggapi persaingan yang makin ketat di segmen "MPV sejuta umat", pihak Toyota Astra Motor (TAM) mengaku cukup senang dengan banyaknya model tersebut.

Baca : Transaksi "Bayangan" Toyota Selama Pameran Rp 1 Triliun

Executive General Manager TAM Fransiscus Soerjopranoto, menjelaskan Toyota tidak khawatir dengan kompetitor, karena masing-masing punya segmen dan konsumennya sendiri-sendiri.

"Kalau kita perhatikan kompetitor, itu berarti kita look like competitor dong, padahal Toyota itu pemegang market share 36 persen di segmen tersebut. Jadi harusnya kita punya cara sendiri untuk menangani konsumen yang sudah loyal, bukan justru meniru produk lain," ucap Soerjo kepada media di Jakarta, Rabu (2/8/2017).

Mitsubishi Indonesia perkenalkan produk MPV terbarunya. Otomania Mitsubishi Indonesia perkenalkan produk MPV terbarunya.

Menurut Soerjo, antara Toyota dan para pesaing baru punya perbedaan segmen. Soerjo mengibaratkan seperti pengguna handphone merek Samsung dan Apple yang keduanya sama-sama punya konsumen berbeda.

Baca: Balada MPV Sejuta Umat Pembunuh Avanza

"Ada orang yang mau pakai Apple, tapi ada orang yang justru maunya pakai Samsung, ada yang beraggapan Apple tuh susah, enakan Samsung atau sebaliknya. Jadi keduanya punya konsumen dan tidak bisa dipaksakan. Untuk kita (Toyota), pasti lebih memperhatikan konsumen kita saja, kalau konsumen kompetitor tidak terlalu diperhatikan," kata Soerjo.

Produksi Wuling Confero S resmi dimulai di pabrik SGMW Motor Indonesia di Bekasi, Jawa Barat, Selasa (11/7/2017). Febri Ardani/Otomania.com Produksi Wuling Confero S resmi dimulai di pabrik SGMW Motor Indonesia di Bekasi, Jawa Barat, Selasa (11/7/2017).

Sedangkan untuk menjaga konsumen setia, Soerjo menjelaskan bahwa Toyota sudah punya strategi khusus. Mulai dari memberikan pilihan produk yang sesuai dengan kebutuhan konsumen, sampai me-maintenace konsumen.

Baca : Toyota Voxy Tangkap Konsumen di Bawah Alphard

"Kita lakukan dengan beyond service, kita berikan servis yang lebih sempurna, seperti layanan 24 jam, sampai pergantian mobil baru. Ini kita lakukan agar konsumen tetap loyal dengan Toyota, bukan dengan cara perang harga," ujar Soerjo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com