Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buat Honda Motor, Produk Bukan Segalanya

Kompas.com - 15/01/2017, 19:10 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Sukses PT Astra Honda Motor (AHM) mendominasi pasar sepeda motor nasional tahun lalu dengan market share 73,86 persen tak lepas dari rangkaian produk menyengat yang diterima masyarakat. Namun sebenarnya, perusahaan mengaku tak melulu mengejar soal produk baru.

Menurut Ditrektur Pemasaran AHM Margono Tanuwijaya, untuk saat ini produk memang mendominasi faktor sukses AHM. Namun di balik itu semua, ada faktor lain yang boleh disepelekan.

Baca: Honda Motor Tutup Buku 2016 dengan Dominan ; AHM Mengaku Tak Berniat Menguasai Pasar Motor Indonesia

”Menurut saya produk tidak bisa dilepas dari services. Produk bagus, pelayanan nggak benar, orang juga jadi berpikir. Hal lain, otor bagus, tapi sering rusak, atau personil di lapangan tidak ramah, semua itu menjadi penentu,” ujar Margono, (13/1/2017).

Dia pun memberi contoh, paling gampang saat makan nasi goreng di rumah makan atau hotel. Rasa sudah pasti berbeda meski produk sebenarnya sama. Saat ini, Margono setuju bahwa produk tetap nomor satu. Namun ke depan, belum tentu akan sama.

”Coba amati, HP dulu buat apa? Menelepon kan? Sekarang sudah lebih luas. HP sudah dibuat bagian dari gaya hidup, perkembangan teknologi dan fitur. Jadi barang yang fungsional kini jadi lifestyle. Gambaran sepeda motor juga begitu,” kata Margono.

Satu hal lagi yang ditegaskan Direktur ramah itu, bahwa pelayanan menjadi kunci di atas segalanya yang tak bisa dipisah satu persatu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com