Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Kamuflase Kasta Ganti Logo MPV Murah"

Kompas.com - 13/09/2016, 13:24 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Komunitas pemilik MPV LCGC yang tergabung dalam Calya Sigra Community (Calsic) sebagian besar menganggap logo asli mobil mereka kurang ”hits”. Rata-rata bilang jika desainnya kurang meyakinkan, dan itulah kenapa, mereka pun ramai-ramai mengganti logo merek aslinya.

Misalnya, Astra Toyota Calya dengan logo burung diganti menjadi logo khas Toyota. Atau, Astra Daihatsu Sigra dengan logo elips bergaris melengkung di tengah pun juga dipasang logo asli Daihatsu. Tak hanya logo asli, beberapa anggota juga bereksperimen dengan logo Lexus atau Vellfire.

”Paling pas adalah ukuran 15 x 10 cm. Beli yang asli, harga Rp 105.000 di Auto2000, karena dengan logo asli, kita enggak perlu khawatir cepat menguning seperti logo aftermarket,” kata Ade Habibie, founder Calsic, dalam rilis yang dikirimkan ke KompasOtomotif, (13/9/2016).

Berikut langkah tepat mengganti logo LCGC:
1. Siapkan alat yang dibutuhkan, yakni obeng minus kecil atau test pen, lap kain serat atau lap lembut, gunting, double tape 3M khusus outdoor.
2. Lapisi obeng minus dengan lap yang sudah disediakan, kemudian congkel di sudut-sudut logo Garuda.
3. Setelah logo terangkat sedikit, buka lapnya, lanjutkan dengan obeng minus lagi tanpa lap. Lap digunakan untuk melapisi bagian luar agar tidak lecet. Setelah terbuka sedikit, bisa congkel bagian dalam tanpa takut lecet.
4. Setelah logo Garuda terbuka, lanjut dengan memasang double tape pada logo orisinial. ”Harus ditambah double tape karena walaupun ukuran sama, tetapi bentuk kaitannya agak berbeda, sehingga longgar ketika dipasang,” jelas Habibie.
5. Pasang logo baru tersebut ke dudukan logo Garuda yang lama.

Trik ini juga bisa dilakukan untuk Daihatsu Sigra, ukuran Logo Sigra pun sama dengan Calya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com