Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konsumen Truk Harus Tahan Gejolak Ekonomi Global

Kompas.com - 18/09/2015, 17:28 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Gejolak ekonomi global yang berpengaruh pada keadaan ekonomi nasional saat ini berdampak di berbagai sektor. Karena itu pula, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors mengajak konsumen setia untuk bersiap diri menghadapi perubahan melalui seminar ”Gejolak Ekonomi Global dan Indonesia, Siapkah Anda?”, di Hotel Mulia, Jakarta, Kamis (17/9/2015).

Ajang ini diikuti para pengusaha yang merupakan konsumen borongan (fleet) dan telah memercayakan Mitsubishi Fuso sebagai kendaraan bisnis mereka. Materi seminar diberikan oleh Prof Rhenald Kasali, yang merupakan Akademisi Bisnis dan Guru Besar Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Materi terbagi dalam tiga sesi, yaitu faktor pemicu perubahan, Jokowinomics dalam era kepemimpinan baru, serta solusi dan langkah yang harus ditempuh para pengusaha di tengah kondisi sulit.

KTB Seminar yang diselenggarakan KTB untuk memberi bekal konsumen kendaraan komersial Mitsubishi Fuso.
”Meski sedang sulit, pengusaha yang baik harus tetap membangun kreativitas dalam membuka peluang. Apalagi Pemerintah Indonesia menjanjikan pembangunan infrastruktur yang membuat ekonomi lebih seimbang.  Dengan kreativitas yang terus dipupuk oleh para pengusaha, maka rasa-rasanya peluang akan tetap terbuka lebar bagaimanapun kondisinya,” kata Khasali.

Peserta juga diimbau untuk cerdas mengambil peluang dari perubahan besar-besaran yang tengah terjadi di Asia-Pasifik, maupun dari kerja keras dari presiden baru. Perubahan juga harus dilakukan, yaitu mengubah mental ”from passangers to be drivers” yang artinya para pengusaha harus memiliki prinsip kemandirian.

Alasannya, pemerintah bisa saja gagal mengendalikan gejolak ekonomi global dalam perekonomian di negaranya, maka perubahan mental perlu dilakukan sehingga pengusaha tak hanya menyalahkan pemerintah, tetapi justru mendukung pemerintah dalam menstabilkan perekonomian dalam negeri.

Bertahan

Pada kesempatan ini KTB juga menyampaikan terima kasih kepada konsumen, karena Mitsubishi Fuso mampu bertahan bahkan meningkatkan market share. Data penjualan Januari-Agustus 2015 menunjukkan bahwa pangsa pasar Fuso sebesar 47,2 persen, meningkat dibandingkan tahun sebelumnya di periode yang sama sebesar 46,3 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com