Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BMW Seri 2 Active Tourer, Lebih dari Sekedar Mobil Keluarga

Kompas.com - 02/04/2015, 09:06 WIB
Wisnubrata

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - BMW Group Indonesia resmi memperkenalkan model terbarunya Seri 2 Active Tourer, sebagai model pertama BMW yang menggunakan sistem penggerak roda depan. KompasOtomotif sudah mendapat kesempatan mencoba Seri 2 Active Tourer ini. Pada artikel sebelumnya, memuat bahasan mengenai fitur dan kenyamanan dari model terbaru ini.

Kini saatnya merasakan apa saja kelebihan lain yang disuguhkan pada Seri 2 Active Tourer. BMW menyebutkan bahwa Active Tourer adalah mobil dengan fungsionalitas tinggi. Cocok dipakai dalam berbagai kegiatan dan perjalanan. Ruang bagasi besar, kabinnya lapang, dan nyaman dikendarai.

Saat malam dalam kondisi kabin gelap kesan mewah jadi lebih terlihat. Rupanya penempatan lampu di dalam mobil menjadi faktor yang memperkuat kesan tersebut. Ada lampu hampir di setiap laci saat dibuka, juga di cup holder, sisi pintu dan di titik-titik lain. Cahaya dalam panel-panel dashboard juga menjadi paduan yang elegan.

Di jalanan yang relatif sudah sepi untuk ukuran Jakarta, awak redaksi sempat mencoba tiga mode berkendara yang ditawarkan. Mode Sport akan membuat mobil lebih responsif, dan terasa benar rasanya saat kita menginjak pedal gas, dengan akselerasi yang seakan menarik kepala sampai ke sandaran jok. Pengereman dan pengendalian mobil terasa lebih handal. Tapi bila ingin rasa lebih nyaman jajal mode Comfort guna merasakan pemakaian wajar harian. Ada pula mode Eco Pro, yang menghemat bahan bakar.

DINO OKTAVIANO Tampilan interior BMW Seri 2 Active Tourer, saat difoto di kawasan Parkir Timur Senayan, Jakarta, Jumat (13/3/2015).

Mobil keluarga

Tak lengkap rasanya bila tidak memaksimalkan sesi pengujian ini tanpa mengajak keluarga. Sejatinya, BWW Seri 2 Active Tourer ini memang didesain untuk mobil yang lebih bersahabat dengan keluarga. Buktinya, sisi ergonomis kabin yang luas mampu menampung barang bawaan yang terbilang banyak.

Mencari ruang untuk barang di mobil ini ternyata bukan perkara sulit. Bagasinya cukup luas untuk menampung sepeda kecil, tas dan barang lainnya. Kursi bagian tengah masih bisa diisi tas lain selain carseat atau tempat duduk bayi dalam mobil. Laci-laci penyimpanan masih bisa diisi berbagai benda. BMW menyebut "Room for Everything. Except Boredom."

Membuka tutup bagasi dipermudah dengan menggunakan remote. Sehingga saat tangan harus membawa barang, cukup tekan tombol, bagasi pun terbuka secara otomatis. Menutupnya pun cukup dengan kembali menekan tombol.


DINO OKTAVIANO Tampilan ruang bagasi BMW Seri 2 Active Tourer, saat difoto di kawasan Parkir Timur Senayan, Jakarta, Jumat (13/3/2015).

Pertahankan rasa sporty

Awak redaksi berkesempatan menggeber performa Active Tourer di jalan bebas hambatan, dengan harapan bisa mencoba akselerasi. Pindah ke mode Sport, injak gas, dan mobil melesat cepat.

Ketika mobil kembali dibawa ke jalanan sekitar perumahan yang banyak polisi tidur atau melalui jalan berlubang, terasa suspensi mobil ini cukup nyaman, walau tidak sangat empuk. Tikungan-tikungan tajam pun dilahap dengan handling mumpuni.

Beberapa jam berkendara, saya menyadari bahwa BMW ternyata memperhatikan hal-hal kecil yang mendukung kenyamanan mengemudi. Bentuk dan lekukan pada kursi misalnya, sesuai dengan bentuk lekuk tubuh sehingga duduk pun terasa nyaman. Pegangan stir juga memberi lekuk yang pas dalam genggaman. Sedangkan pedal gas menempel pada alas mobil, sehingga saat menekan gas, kaki tidak terasa menggantung.

Detail lainnya adalah lampu di setiap laci, sehingga kita dengan mudah mencari barang-barang yang ada di laci atau di lokasi penyimpanan lain. Kesimpilan yang diperoleh, Mobil ini memang memiliki lima pintu, namun dengan cita rasa kemewahan yang maksimal dan lebih dari hanya sekedar mobil keluarga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com