Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemilik Virgin Grup Tantang Tesla Motors?

Kompas.com - 23/03/2015, 08:40 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Miami, KompasOtomotif - Tesla Motors dibawah kendali miliarder muda Elon Musk begitu sukses di kalangan orang kaya Amerika Serikat dan beberapa belahan dunia lainnya. Mobil sport listrik murni makin digemari, karena ramah lingkungan, menawarkan sensasi baru, berkendara tanpa ketergantungan pada pasokan bensin atau solar.

Kini, sukses Tesla Motors sepertinya mulai dilirik pebisnis kawakan lain, yakni Sir Richard Branson. Sosok pendiri sekaligus pemilik dari Grup Virgin yang membawahi lebih dari 400 perusahaan di dunia, dalam hal aviasi, kereta api, kapal pesiar, bahkan sampai perjalanan ke bulan.

Taipan asal Inggris ini mengeluarkan pernyataan menarik dalam wawancara bersama Bloomberg TV, ketika membahas soal keterlibatannya di ajang mobil balap listrik murni Formula E di Miami, AS, akhir pekan lalu (19/3/2015). Branson memiliki Virgin Racing Team sebagai salah satu peserta di ajang balap Formula E, yang bisa melesat 0-100 kpj hanya dalam 3 detik.

"Kami sudah punya tim bekerja untuk mobil listrik. Jadi, Anda tidak akan tahu, mungkin Anda akan menemukan Virgin berkompetisi dengan Tesla di bisnis mobil seperti yang kami lakukan di industri luar angkasa. Kita lihat apa yang terjadi (nanti)," beber Branson.

Formula E merupakan ajang internasional pertama yang mengekploitasi penggunaan mobil listrik sebagai mobil balap. Ajang ini disiapkan untuk menguji hingga batas kekuatan teknologi mobil listrik dalam lintasan balap, mulai dari Beijing sampai Monte Carlo. Mobil balap ini relatif senyap, jika dibandingkan Formula 1, tapi kecepatannya cukup kompetitif, bisa menyentuh 160 mph (257,4 kpj).

Branson bukan satu-satunya pihak yang mengaku tertarik dalam industri mobil listrik. Raksasa Apple Incorporated juga dikabarkan tengah menyiapkan prototipe mobil listrik perdananya, dengan target produksi 2020. Google juga dikabarkan melakukan hal serupa. Tak ketinggalan, prinsipal otomotif dunia sudah punya versi mobil listriknya masing-masing dan sudah dipamerkan ke dunia.

Ketika ditanya soal Tesla, Branson mengatakan, "Tesla bisa dibilang seksi seperti mobil lain yang ada di jalan sekarang ini."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com