Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ban Ini Sanggup Hasilkan Energi Listrik

Kompas.com - 10/03/2015, 20:00 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sumber foxnews

Geneva, KompasOtomotif – Jika regenerasi energi dari putaran roda, gaya gesek, atau panas asap knalpot tak lagi cukup, produsen ban merek Goodyear menciptakan terobosan baru. Pada ajang Geneva Motor Show 2015, mereka mengenalkan ban tipe BH-03 yang sanggup menghasilkan listrik untuk membantu aki mengaktifkan sejumlah komponen mobil.

Dengan teknologi thermo-piezoelectric yang ada di dalam ban, panas yang ditimbulkan karena putaran ban dimanfaatkan untuk mengisi ulang aki untuk mobil hybrid atau mobil listrik. Tak hanya itu, ban juga bisa menyerap panas matahari bahkan saat parkir sekalipun untuk diubah menjadi listrik.

Teori ini memang baik, namun beberapa pengamat teknologi justru mencibir. Dikatakan bahwa energi yang yang dihasilkan cukup kecil. Namun Goddyear membalik dengan mengatakan bahwa lebih baik ada energi yang dihasilkan daripada tidak sama sekali.

foxnews Energi panas dari ban diubah menjadi listrik.

Konsep lain yang dihadirkan adalah TripleTube. Ini adalah ban dengan tiga lapisan yang mempunyai tekanan angin berbeda-beda. Fungsinya, ban akan menyesuaikan dengan kondisi jalan berdasarkan sensor. Misalnya, saat jalan basah, salah satu lapisan akan menggembungkan bagian tapak tengah agar kemungkinan aquaplanning semakin tipis.

Meski demikian, tidak ada satu konsep pun yang direncanakan untuk masuk jalur produksi. Kendati demikian Goodyear berkeyakinan, apa yang mereka sajikan sekarang pada waktunya nanti akan dibutuhkan sebagai solusi mobil listrik dan pintar di masa depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber foxnews
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com