Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Metode Pemesanan ”Online” CBR150R Bukan Cari Sensasi

Kompas.com - 05/09/2014, 16:54 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Biasanya, pemesanan barang secara online cukup mengunjungi website tertentu, lalu mengisi data dan tercatat sebagai salah satu pemesan nomor urut kesekian. Namun sistem dan mekanisme yang diterapkan PT Astra Honda Motor (AHM) untuk pemesanan online Honda CBR150R rakitan lokal tak semudah itu.

Peminat harus datang ke dealer terlebih dahulu untuk mendaftarkan diri sebagai pemesan online. Mekanismenya dibalik, bukan memesan via website lalu ke dealer, namun petugas di dealer yang akan mendata, memverfivikasi, dan mendaftarkan ke sistem online yang dibuat khusus oleh AHM.

Deputy GM Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin mengatakan, mekanisme memang dirancang demikian untuk menghindari konsumen palsu. ”Kami ingin lebih selektif untuk menjaring konsumen yang benar-benar ingin membeli. Kalau ke dealer dan sudah memberi DP berarti mereka serius,” terangnya kepada KompasOtomotif, (5/9/2014).

Dijelaskan, AHM belajar dari pengalaman lalu, jika semua pemesan ditampung secara online, selain sistem yang tak mampu menampung serbuan pemesan pertama, banyak yang hanya memasukkan data palsu asal mendapatkan kualifikasi sebagai pembeli kesekian.

Lewat sistem yang diciptakan seperti ini, Muhib yakin pembelian secara online ala AHM ini akan benar-benar menjaring konsumen yang ingin membeli.

”Kami tidak ingin menciptakan sensasi dengan pemesanan online yang tiba-tiba angkanya banyak, tapi setelah diverifikasi banyak yang missed. Ada unsur kompetisinya juga dengan adanya reward tertentu,” jelas Muhib.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com