Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yamaha Indonesia Siapkan Dua Model Baru

Kompas.com - 25/03/2013, 09:23 WIB

Jakarta, KompasOtomotif - Yamaha Indonesia akan meluncurkan empat moge pada paruh kedua tahun ini. Berarti, ada tujuh model baru yang akan  meramaikan pasar setelah peluncuran Xeon RC, Mio GT dan X-Ride. Ternyata  - berdasarkan informasi  Yutaka Terada, Direktur Pemasaran Eksekutif PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) - masih ada dua model baru.

"Tahun ini ada sembilan model baru yang disiapkan Yamaha untuk Indonesia. Tunggu saja kepastiannya," tukas Terada di sela Media Gathering Yamaha, Lido, Bogor, akhir pekan lalu.

Berdasarkan penelusuran KompasOtomotif, salah satu dari dua model yang masih tersisa adalah Vega ZR injeksi. Bebek termurah ini salah satu strategi "tiruan" yang dilakukan terhadap Mio J, juga injeksi. Yamaha lebih pede memasarkan teknologi injeksi pada segmen termurah, berbeda dengan Honda, memulai dari posisi tengah. Peluncuran Vega ZR injeksi diperkirakan pada semester kedua tahun ini.

Target
Terada memprediksi penjualan sepeda motor pada tahun naik menjadi 7,6 juta unit (tahun lalu 7,1 juta unit). "Tahun lalu pangsa pasar Yamaha turun menjadi 32 persen. Tahun ini kami berusaha meningkatkan menjadi menjadi 36 persen," jelas Terada.

Fokus utama Yamaha - setelah kehilangkan tahta skutik - mempertahankan sport. Pasalnya, Honda berusaha keras merebutnya dengan meluncurkan dua model baru, CB150R StreetFire dan Verza 150.

"Yamaha tidak akan terkalahkan di sport. Ini DNA kami. Diusahakan semaksimal mungkin tidak terjadi. Tidak mungkin!" tegas Terada. Ia juga tidak mau berkomentar ketika disinggung rencana Yamaha menyiapkan sepeda motor baru sporti murah untuk bersaing dengan Verza atau juga masuk ke 250 cc.

"Empat model flagship (R1, R6, T-Max dan V-Max) merupakan salah satu strategi kami. Lainnya, tidak tahu," tutup Terada sambil tertawa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com