Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kesan Pertama dengan V-ixion Lightning

Kompas.com - 03/11/2012, 18:43 WIB

Jakarta, KompasOtomotif - Yamaha Indonesia baru saja memperkenalkan V-ixion Lightning pada hari pertama (31/10/2012) ke publik di JMCS, JCC Gelora Bung Karno, Jakarta Selatan. Sepeda motor sport ini belum resmi dipasarkan tapi KompasOtomotif sudah merasakan kesan pertamanya, pekan lalu. First Ride kali ini berlangsung singkat dengan lintasan yang minim , cuma jalur lurus panjang sekitar 100an meter.

Putar tuas kunci, panel indikator langsung menyala dan menyapa "Hi Bro.." di layar monitornya, keren! Tekan tombol start, suara mesin dari ujung knalpot terdengar lebih bulat dari sebelumnya. Trus, setang lebih pendek dan tentu  berpengaruh pada posisi duduk, terutama posisi lengan lurus, menambah kesan sport waktu berkendara.Kondisi itu hanya nyaman untuk perjalanan jarak menengah dan jauh.

Sayangnya, perubahan ini tidak diimbangi dengan reposisi pijakkan kaki yang masih sama dengan model lawas.  Buat pecinta turing sepertinya perlu ganti setang model lawas atau menambahkan peninggi (raiser)!

Tarik tuas kopling, masukkan gigi satu, putar gas dan berangkat! Dari hentakkannya, terasa karakter V-ixion galak di putaran mesin bawah sampai menengah, antara 4.000 - 5.000 rpm. Dengan panjang lintasan yang terbatas, V-ixion hanya bisa digeber sampai 40-50 kpj saja, itu juga baru memanfaatkan maksimal gigi tiga.

Diajak berputar,  terasa lebih mantap berkat profil ban yang lebih lebar dari sebelumnya. Pengereman juga makin pede karena sudah dilengkapi cakram belakang. Setelah berputar-putar lebih dari 10 kali, KompasOtomotif mengakhiri sesi "first ride" ini sekitar 5 menit saja.

Meski singkat, tetapi sudah mengetahui rasanya V-ixion Lightning seperti apa. Rencananya, Yamaha mulai memasarkan secara nasional sport 150 cc ini mulai bulan depan. Harganya, kabarnya terpaut Rp 1 juta lebih mahal dari model sebelumnya, tertarik?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com