Kamis, 24 Juli 2014

Otomotif


Nih, Calon Pengganti "Bajaj" Roda Tiga

Penulis: Agung Kurniawan | Senin, 22 Oktober 2012 | 13:39 WIB
Dibaca:   Komentar:
|
Share:
Sumber : anythingonwheels.blogspot.com | Author : -

RE60, akan jadi pengganti "Bajaj" roda tiga.

Pune, KompasOtomotif - Meski kesepakatan kerjasama Bajaj Auto dengan Renault-Nissan kandas,ternyata tidak menyurutkan langkahprodusen sepeda motor terbesar kedua di India itu memasuki pasar mobil. Bajaj sudah memajang mobil prototipenya RE60 di New Delhi Auto Expo, Januari 2012. Kini mobil tersebut sedang tes jalan.

Buktinya, satu unit mobil dengan cat kamufalse hitam putih tertangkap kamera selagi keliling kota Pune oleh salah satu media lokal India. Dari foto, terlihat mobil tersebut sangat kompak dan yang sedang dites diperkirakan varian teratas karena dipasangi pelek sportr. 

Meski RE60 sudah dibuka secara menyeluruh, langkah bajaj menggunakan cat kamuflase saat  dites kali kemungkinan ada ubahan perubahan desain. Untuk sumber penggerak, Bajaj menngadalkan mesin 200 cc DTSi (sama dengan sepeda motornya), berpendingin cairan yang menghasilkan tenaga 15-20 PS dan hanya bisa dikebut mencapai kecepatan maksimla 70 kpj. Kelebihannya, konsumsi bensin diperkirakan 35 kpl.

Quadricycles
Bajaj memastikan, RE60 bukan kendaraan tiga roda atau menambahkan satu lagi roda untuk membantu stabilitas. Bajaj tidak mau disamakan dengan Tata Nano yang menyasar pengguna sepeda motor.  

Bajaj berhasil mendapatkan persetujuan dari pemerintah India dengan peresmian segmen kendaraan baru yaitu Quadricycles. Kategori ini sangat cocok dengan RE60 yang mengisi ceruk antara kendaraan roda tiga dan mobil penumpang. Di Eropa kendaraan jenis ini banyak digunakan untuk mengangkut barang dan penggerak unit kerja mikro (UKM).

Mobil mikro ini nantinya bakal menggantikan posisi "Bajaj" roda tiga yang jumlahnya mencapai 5 juta unit.dan sampai kini masih digunakan sebagai moda transportasi umum di India.Generasi terbaru ini dijanjikan punya tingkat keamanan lebih baik. 

Sumber: Inautonews

Editor : Zulkifli BJ