Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Van Mewah Vision Diamond dari Mercedes

Kompas.com - 25/04/2012, 05:45 WIB

Beijing, KompasOtomotif — Di kancah Beijing Motor Show 2012, Mercedes-Benz menampilkan model yang bukan sama sekali baru, melainkan sudah dimodifikasi. Basis yang dipermak dari varian Viano menjadi sebuah van layanan high-class yang diberi nama Vision Diamond.

Bodi standar dipertahankan dan hanya diguyur dua warna cat berkualitas, hitam dan putih berlian yang dipisah dengan kelir emas. Permainan warna two tone juga berlaku pada gril, yakni hitam pada kisi-kisi dan layer krom. Begitu juga pelek dengan konsep pewarnaan serupa. Agar terkesan spesial, kaliper rem diembos tulisan Mercedes-Benz warna emas.

Perubahan cukup ekstrem pada eksterior tampak pada kaca jendela yang diganti dengan magic sky control system, di mana pengemudi dapat dengan leluasa mengganti warna pencahayaan sesuai keinginan. Selain itu, bagian atap dikasih teknologi vario-chromatic untuk mengatur kadar panas matahari.

Sesuai dengan fungsinya, modifikasi maksimal dilakukan pada ruang kabin belakang, yang mentransformasi ruang bisnis menjadi ruang untuk relaksasi. Biasanya ruang belakang mampu mengangkut 4 hingga 5 penumpang dengan pengaturan duduk searah atau berhadapan. Khusus varian ini hanya bisa dimuati 2 orang.

Dominasi warna putih porselen terdapat pada karpet, jok, atap hingga sabuk keselamatan. Jok punya sistem pemanas, pendingin, dan pemijat hingga sandaran kaki (otoman). Di antara jok terdapat tempat gelas dan sampanye yang bisa dioperasikan secara elektrik dengan menakan tombol menu di sandaran tangan. Ada juga tempat menaruh gelas yang menempel dekat trim. Tak lupa pula terdapat 8 berlian yang ditanam pada trim sebagai simbol keberuntungan masyarakat China, yang juga berfungsi sebagai hiasan bersifat eksklusif.

Semua perangkat elektronik yang terdapat di dalam kabin bisa dioperasikan lewat tombol iOS pada iPad2 atau iPhone4, termasuk sound system Bang & Olufsen "BeoLiving Viano", pencahayaan ruang, dan layar 40 inci.

Monitor tersebut melekat pada partisi dari kaca antara ruang pengemudi dan belakang yang juga berfungsi sebagai pembatas antara sopir dan penumpang. Sarana komunikasi dua ruang terpisah tersebut dihubungkan melalui intercom. Sementara itu, interior di ruang kemudi dihias dengan warna hitam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com