Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cyrus P Mistry, Calon Bos Baru Tata Grup

Kompas.com - 25/11/2011, 07:00 WIB

MUMBAI, KOMPAS.com - Tata Group, konsorsium perusahaan lokal terbesar di India yang memproduksi mobil ultra murah, Nano bakal punya bos baru Cyrus P Mistry. Ia dikabarkan kandidat terkuat menggantikan Ratan Tata yang selama ini melekat dengan citra perusahaan.

Proses pergantian  dikatakan berlangsung akhir Desember 2012, di mana Ratan Tata akan memutuskan pensiun setelah dua dekade memimpin Grup Tata. Mistry merupakan anak dari jutawan Shapoorji Pallonji Mistry, salah seorang pendiri Grup Tata di India. Keluarganya memiliki saham terbesar  mencapai 18 persen di Tata. 

Pria brusia 43 tahun ini merupakan lulusan Imperial College of Science, Technology and Medicine di London. Generasi muda Tata ini juga punya gelar master manajemen dari London Business School. Ia kemudian memulai karirnya di perusahaan sang ayah Shapoorji Pallonji & Co.

Keputusan ini terungkap dari dewan direksi yang mulai mengadakan rapat untuk memutuskan siapa "suksesor" Ratan Tata di perusahaan sejak Agustus 2010. Bocoran kemudian terungkap dalam surat elektronik yang dikirim ke media India menyatakan, Mistry sebagai kandidat utama.

Dalam jangka waktu setahun mendatang, Mistry harus mampu mendongkrak citranya sebagai bakal pemimpin di Tata. Untuk membantunya, Ratan Tata disebut-sebut langsung menjadi mentor si calon pemimpin. 

Grup Tata terkenal dengan Tata Motors yang berhasil mengakuisisi Jaguar Land Rover di Inggris. Tak ketinggalan produk fenomenal Tata Nano, yang menggemparkan dunia sekaligus menciptakan segmen pasar otomotif baru di dunia, mobil ultra murah.

Selain otomotif, Grup Tata juga memiliki usaha lain di bidang baja, garam dan perkebunan teh. Di Indonesia, Tata Motors dikabarkan siap masuk ke pasar mulai tahun depan memboyong Nano sebagai produk andalan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com