Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki Swift Gen-3, "All-New" atau "Facelift"?

Kompas.com - 12/06/2010, 14:58 WIB

ESZTERGOM, KOMPAS.com — Kamis kemarin, Magyar Suzuki, Hongaria, merilis produk yang disebut sebagai “full model Swift”. Sekilas, penampilannya tak berbeda dengan Swift yang dipasarkan sekarang. Namun, Suzuki menyebutnya sebagai Swift generasi ke-3 atau All-New.

Sebagai produk baru, produksi perdana pada 10 Juni dirayakan secara besar-besaran. Bos tertinggi Suzuki dari Jepang, Osamu Suzuki, pun hadir. Ia mendampingi pejabat tinggi negara tersebut, antara lain Perdana Menteri Hongaria Viktor Orbán dan Menteri Ekonomi Nasional György Matolcsy .

Perbedaan Melihat foto yang dirilis Suzuki Hongaria, termasuk Suzuki Motor Corporation, Jepang, sekilas agak susah bagi orang awam untuk membedakan sosok penampilan All-New Swift ini dengan versi sebelumnya. Bentuk dan lekukan di bodi sama. Lihatlah lampu depan, gril, dan bemper. Hanya detail lekukan dan ukurannya yang berbeda. Perubahan seperti biasanya disebut face lift dan bukan untuk all-new model.

Perubahan lain, menurut Suzuki, ada pada penggunaan roda berdiameter lebih besar dan ban yang lebih tipis. Tujuannya agar kendali mobil makin mantap.

Adapun bagian interior, tanpa menyertakan foto, dikatakan lebih memberikan kesan dinamis. Salah satu ciri khas baru interior adalah hitam dengan aksentuasi silver di seluruh mobil.

Lainnya, hatchback ini lebih panjang 90 mm. Jarak sumbu roda pun ikut mulur 50 mm (lihat tabel dimensi).

Mesin Mesin yang digunakan sekarang ini adalah mesin bensin 1,2 liter berteknologi VVT ganda. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga 94PS @6.000 rpm dan torsi 118Nm @4.800 rpm. Angka ini sedikit lebih baik dari mesin Splash dengan kapasitas sama.

Namun, dibandingkan dengan mesin 1,5 liter yang digunakan Swift yang dipasarkan di Indonesia, kemampuan mesin baru ini tidak jauh beda. Mesin Swift 1,5 menghasilkan tenaga 100PS @ 6.000 rpm dan torsi 143Nm @4.000 rpm.

Oleh karena itu pula, konsumsi bahan bakar diklaim lebih irit, 20 km/liter. Suzuki juga menawarkan mesin diesel 1,3 liter dengan konsumsi bahan bakar 23,8 km/liter.

Bicara badan mobil, Swift baru ini menggunakan baja yang lebih kuat. Mobil ini pun diklaim lebih enteng dan kokoh dibandingkan versi yang sekarang. Desain kolong bodi juga lebih baik. Tambahan lainnya, struktur bodi pada model terakhir ini lebih aman bagi pejalan kaki dan juga penumpang.

Rencananya, Swift tersebut akan dipasarkan mulai musim gugur mendatang. Suzuki pun menjelaskan, mereka saat ini telah menjual 1,65 juta Swift di seluruh dunia.

Perbedaan dimensi (mm)

Item
Baru
Sekarang
Panjang
3.850
3.760
Lebar
1.695
1.690
Tinggi
1.510
1.500
Jarak sumbu roda
2.430
2.380
Trek depan
*1.480
1.470
Trek belakang
*1.484
1.480

Catatan: * roda 16 inci

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com