Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Transportasi

KIA Pregio Kembali Hadir di Indonesia

Kompas.com - 17/07/2008, 03:00 WIB

Tuntutan untuk dihadirkannya KIA Pregio, mobil penumpang jenis van yang berkapasitas angkut 12 orang, menjadikan PT KIA Mobil Indonesia kembali menghadirkan KIA Pregio di antara produk-produk unggulannya, seperti KIA Picanto, city car (mobil kota), dan KIA Travello, mikrobus yang berkapasitas angkut sampai 16 orang.

KIA Pregio pertama kali dipamerkan di Gaikindo Auto Expo 2001. KIA Pregio yang menyandang mesin diesel 2.7 Liter serta menghasilkan tenaga maksimum 81 PK pada 4.150 rpm dan torsi maksimum 175 Nm pada 2.400 rpm itu langsung disambut konsumen. Penggunaan bodi monokok (tanpa chassis), pegas keong (coil spring), dan limited skid differential (LSD), yang mencegah roda belakang mengalami skid (slip) pada ruas jalan yang licin, membuat KIA Pregio memenuhi standar kenyamanan mobil penumpang.

Besarnya permintaan terhadap KIA Pregio membuat PT KIA Mobil Indonesia (saat itu PT KIA Indonesia Motor) memutuskan untuk merakit KIA Pregio di dalam negeri pada tahun 2004.

KIA Pregio digunakan baik sebagai mobil pribadi, mobil antar-jemput anak sekolah atau pegawai, mobil untuk mengangkut tamu hotel, mobil shuttle Jakarta-Bandung, mobil travel, maupun ambulans.

Entah atas alasan apa perakitan KIA Pregio kemudian dihentikan. Pada Juli 2006, peranan KIA Pregio lalu digantikan oleh KIA Travello.

Namun, kemudian, karena adanya tuntutan untuk menghadirkan KIA Pregio kembali, mobil van itu kembali dihadirkan di Indonesia, dengan memajangnya di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2008. Namun, mobil van tersebut tidak lagi dirakit di dalam negeri, tetapi didatangkan dari Malaysia.

Dalam tahun 2008, KIA Travello mengalami modifikasi pada jendela samping (kini menggunakan bonding glass) dan juga mengalami peningkatan kualitas. Di IIMS 2008, PT KIA Mobil Indonesia menghadirkan Travello Option 3 dengan kursi eksekutif berbalut kulit untuk lima penumpang (5 seater) dan dilengkapi gordyn. (JL)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com