Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak 5 Ubahan Terbaru Subaru BRZ Model 2025

Kompas.com - 24/10/2024, 18:01 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Plaza Auto Mega (Subaru Indonesia) merilis Subaru BRZ model year 2025 yang mendapat beberapa pembaruan dari sisi teknis.

Subaru BRZ Model Year 2025 tetap mempertahankan mesin Boxer FA24 berkapasitas 2.400 cc, 4-silinder, dengan tenaga 237 PS atau setara 233 Tk dan torsi puncak 250 Nm, serta penggerak roda belakang (RWD).

Baca juga: PO Sinar Jaya Luncurkan Trayek Bandung - Semarang

Mesin Boxer pada Subaru BRZ model year 2025KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Mesin Boxer pada Subaru BRZ model year 2025

Ismail Ashlan, GM Marketing & PR Subaru Indonesia, mengatakan, ubahan pertama datang dari sistem EPS (Electronic Power Steering) yang lebih lembut pada putaran mesin rendah dan lebih responsif pada kecepatan tinggi.

“Kedua, suspensi baru yang telah di-fine-tuning untuk meningkatkan rebound dan feedback dari jalan. Ketiga, penambahan SPORT mode pada varian manual untuk respons torsi yang lebih instan,” ujar Ismail di Jakarta (24/10/2024).

Baca juga: Kapan Waktu yang Tepat untuk Melakukan Rotasi Ban Mobil?

New Subaru BRZ hadir dengan peningkatan pada suspensi baru (shock absorber) yang lebih responsif dan menyesuaikan berbagai kondisi jalan. Dilengkapi juga mode SPORT khusus pada transmisi manual, yang memungkinkan pengemudi merasakan respons throttle lebih tajam, torsi yang hadir lebih cepat (mulai di 2.500 rpm).

“Keempat, pengaturan ulang Active Sound Control untuk memberikan sensasi berkendara lebih mendebarkan,” ucap Ismail.

Baca juga: Begini Cara Parkir Mobil Matik yang Benar

Subaru BRZ model year 2025 mendapatkan mode berkendara SPORT pada tipe transmisi manual.KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Subaru BRZ model year 2025 mendapatkan mode berkendara SPORT pada tipe transmisi manual.

“Terakhir, rentang kecepatan mesin yang lebih lebar saat downshift pada transmisi otomatis, memungkinkan manuver yang lebih cepat di tikungan,” ujarnya.

Menurutnya, Active Sound Control menghadirkan pengalaman berkendara yang lebih memacu adrenalin.

Sementara itu saat SPORT mode ditekan display instrument cluster juga berubah dan membuat sensasi berkendara semakin seru dan menunjukkan angka RPM yang lebih jelas.

Baca juga: Terjadi Lagi, Bus Terbakar di Tol Wiyoto Wiyono

Subaru BRZ model year 2025 mendapatkan ubahan shock absorberKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Subaru BRZ model year 2025 mendapatkan ubahan shock absorber

Adapun rentang kecepatan mesin yang diizinkan saat downshift manual pada model AT telah diperluas pada New Subaru BRZ.

Pada model sebelumnya, batas atas kecepatan mesin diatur untuk melindungi transmisi, namun beberapa pelanggan menginginkan kecepatan mesin yang lebih tinggi di gigi rendah.

Sistem kontrol kini mempertimbangkan niat pengemudi berdasarkan kondisi kendaraan, seperti sudut pedal gas/rem dan perlambatan, untuk menentukan batas kecepatan mesin yang diizinkan.

Baca juga: PO Madinah Trans Meluncurkan Bus Pakai Mesin Depan

Subaru BRZ model year 2025 meluncurKOMPAS.com/ DIO DANANJAYA Subaru BRZ model year 2025 meluncur

Hal ini memungkinkan pengemudi untuk lebih mengendalikan mobil sesuai keinginan mereka, sekaligus menikmati suara sporty saat menurunkan gigi.

“Kombinasi ini membuat Subaru BRZ menjadi benchmark di segmen sports coupe dari sisi fitur dan value,” kata Ismail.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau