Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tes Fitur Parkir Otomatis Luxeed R7, Bisa Langsung Turun dari Mobil

Kompas.com - 21/10/2024, 07:22 WIB
Azwar Ferdian

Editor

WUHU, KOMPAS.com - Parkir adalah sebuah keniscayaan ketika kita mengendarai mobil. Bukan hanya soal bagaimana cara yang benar di jalan, cara parkir yang benar juga wajib dikuasai oleh pengemudi, agar bisa menempatkan kendaraan pada posisi yang benar dan aman.

Saat ini sudah banyak fitur yang membantu pengemudi saat akan memarkirkan kendaraannya. Mulai yang paling dasar adalah bunyi sensor, lalu kamera mundur, hingga yang paling canggih adalah assist parking atau parkir otomatis.

Fitur assist parking atau parkir otomatis sudah banyak disematkan pada mobil-mobil modern, yang memiliki teknologi terkini. Salah satunya adalah Luxeed R7.

Baca juga: Melihat Chery Tiggo 4, Ini Perbedaannya dengan Tiggo 5X

Sebagai informasi, Luxeed adalah brand mobil mewah yang dimiliki oleh Chery, bekerja sama dengan Huawei, dibawah bendera Harmony Intelligent Mobility Alliance (HIMA). Luxeed baru beredar di pasar lokal China, dan mulai dilirik karena menawarkan teknologi canggih sebagai sebuah kendaraan.

Luxeed R7 yang punya fitur parkir otomatisKOMPAS.com/Azwar F Luxeed R7 yang punya fitur parkir otomatis

Kompas.com berkesempatan menjajal model terbarunya Luxeed R7, SUV sport dengan model coupe, dengan tenaga listrik, di Wuhu, China.

Salah satu fitur yang diunggulkan adalah semi otonomos, dengan kemampuan parkir secara otomatis.

Saat penguji duduk di balik kemudi Luxeed R7, tinggal mengatur fitur parkir otomatis yang ada di head unit. Ada beberapa langkah, dimulai dengan menekan tombol bertanda bintang di setir, lalu beralih ke pengaturan di head unit yang terasa cukup mudah.

Kaki cukup menginjak pedal rem satu kali dan angkat, mobil akan bergerak dengan sendirinya dan kemudi bisa berputar sendiri tanpa perlu disentuh. Pengemudi bisa melihat pergerakan R7 ini di layar head unit secara tiga dimensi.

Hasilnya, mobil bisa parkir secara otomatis dalam waktu sekira dua sampai tiga menit.

Hebatnya lagi, pengemudi bisa turun dari mobil dan mobil akan tetap bergerak mencari posisi parkir yang sempurna. Hanya dengan membawa kartu kunci, kemudian turun dari mobil, dan Luxeed R7 ini akan parkir secara otonomos.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau