Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spesifikasi Lengkap Yamaha Grand Filano, Mesin 125cc dengan Sistem “Hybrid”

Kompas.com - 16/10/2024, 19:41 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Yamaha Grand Filano jadi pilihan skutik dengan tampilan ala skuter Eropa. Tampilannya dibikin mirip Vespa tapi dengan kepraktisan dan keandalan merek Jepang.

Secara spesifikasi, Grand Filano menggunakan mesin 125cc Blue Core Hybrid yang menghasilkan tenaga 8,18 TK di 6.500 RPM dan torsi 10,4 Nm. Sistem hybrid yang disematkan jangan disamakan dengan full hybrid yang ada di mobil, karena berbeda jauh.

Sistem hybrid di Grand Filano terdiri dari fitur Electric Power Assist Start yang membuat akselerasi awal lebih bertenaga dan halus. Serta ada juga sistem Stop & Start, jadi bisa mematikan mesin saat motor berhenti selama beberapa detik dan menyalakan otomatis saat gas diputar.

Baca juga: Tes Singkat Mobil Listrik Hyptec HT Perjalanan Jakarta-Bogor

Yamaha Grand FilanoKOMPAS.com/FATHAN Yamaha Grand Filano

Lalu buat semua perlampuan di Grand Filano sudah memakai LED. Lampu utama LED, DRL di dasi juga LED, begitu juga lampu sein dan rem, bahkan sampai lampu bagasi.

Buat dimensinya, Grand Filano punya panjang 1.820mm, lebar 685mm, dan tinggi 1.155mm. Jarak terendah ke tanah 125mm, tinggi joknya 790mm, dan beratnya mencapai 100 Kg.

Kalau dibandingkan dimensinya, Grand Filano mirip dengan Honda Scoopy dan Vespa LX125. Kalau dideret dengan Honda Stylo, Stylo lebih panjang dan lebar, tapi sumbu rodanya sama 1.280mm.

Baca juga: Video Viral Pencuri Mobil Diringkus, Ternyata Pakai Kunci Serep

Yamaha Grand FilanoKOMPAS.com/FATHAN Yamaha Grand Filano

Bicara tangki BBM, Grand Filano posisinya ada di dek berkapasitas 4,4 liter, dengan tutup tangki di dek depan. Maka, bagasi di bawah jok jadi sangat lega, 27 liter.

Buat kaki-kaki, suspensi depan Grand Filano model teleskopik dan belakang monoshock. Buat ban memakai ukuran 12 inci yang dibalut ban dengan spesifikasi 110/70 R12.

Sistem pengereman di depan menggunakan cakram dan belakang tromol. Kemudian ada pengunci tuas rem belakang yang memudahkan saat berhenti di tanjakan.

Yamaha Grand FilanoKOMPAS.com/FATHAN Yamaha Grand Filano

Buat instrument cluster sudah pakai model full digital dan ada dua layar. Layar yang atas buat menunjukkan speedometer dan notifikasi dari Y-Connect, sedangkan di bawah jadi MID dengan informasi lengkap dari jarak, konsumsi BBM, sisa bensin, dan sebagainya.

Punya banderol mulai Rp 27 jutaan, Grand Filano memiliki spesifikasi yang mumpuni buat dipakai harian. Apalagi bagasinya yang lega ditambah mesin 125cc yang diklaim ekonomis, pas buat perkotaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau