Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Satu Lagi MPV Listrik Asal China Siap Meluncur di Indonesia

Kompas.com - 16/10/2024, 07:12 WIB
Ruly Kurniawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Penetrasi produsen kendaraan listrik asal China ke pasar dalam negeri belum juga susut, meskipun telah memasuki pengujung tahun.

Kali ini gebrakan bakal didatangkan salah satu merek otomotif ternama yang bermitra dengan Indomobil Group di Indonesia, yakni GAC Aion.

Setelah membawa Aion Y Plus, Aion ES, dan Hyptec HT, perusahaan di ajang Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2024, berencana menghadirkan produk baru berupa Multi Purpose Vehicle (MPV) listrik 7-penumpang.

Baca juga: Toyota Alphard Bekas Silver Bird Dijual mulai Rp 400 Jutaan

GAC Aion Y Plus Foto: GAC Aion GAC Aion Y Plus

Meski belum bisa dipastikan model atau varian secara rinci, dengannya maka BYD M6 bukan lagi menjadi pemain tunggal di segmen tersebut usai resmi debut di GIIAS 2024 lalu.

"Tunggu saja ya. (Bakal bermain) di market segmen yang cukup banyak peminatnya di Indonesia," ucap CEO AION Indonesia Andry Ciu ditemui di Jakarta, Selasa (15/10/2024) malam.

"Akan seru nanti di GJAW 2024," tambah dia.

Rencana Aion Indonesia menghadirkan mobil tiga baris dengan kapasitas 7-penumpang sebenarnya sudah sempat dilontarkan dalam beberapa waktu belakangan.

Pertama, datang dari Vice President Aion Indonesia, Qin Bangshu saat berbincang bersama beberapa wartawan di sela-sela Factory Visit di Guangzhou, China. Kala itu ia menyebut MPV merupakan salah satu kunci memperluas pasar di Tanah Air.

"Ini akan dimulai untuk pasar Indonesia karena 7-penumpang itu sangat digemari. Jadi kita studi untuk bisa menghadirkannya dan ini menjadi strategi penting kami," kata dia, Senin (27/5/2024).

Baca juga: Upaya BPTJ Ajak Generasi Muda Gunakan Transportasi Umum

GAC Aion Y Plus Foto: GAC Aion GAC Aion Y Plus

"Ya, kita berencana untuk melakukan hal tersebut (membangun R&D). Di Thailand kita tidak memiliki 7-seater tetapi di Indonesia kita akan memilikinya karena pasar Indonesia jenis kendaraan tersebut sangat populer," ucap Qin.

Rencana itu juga kemudian disampaikan kembali oleh Andry di sela-sela Media Test Drive Aion Y Plus ke Bandung, Jawa Barat pada 25 September 2024 lalu.

“Kalau mau dagang di Indonesia, tiga baris adalah keharusan. Cuma kami perkenalkan satu per satu, tapi pasti akan ada waktu kami perkenalkan yang tujuh penumpang. Didesain dan dibuat khusus untuk Indonesia, produksi lokal,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau