Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbedaan Persepsi Konsumen dan Bengkel Kerap Menimbulkan Konflik

Kompas.com - 15/10/2024, 18:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Perbedaan persepsi antara konsumen dan pihak bengkel kerap menimbulkan konflik. Sehingga, hubungan antar keduanya menjadi tak harmonis bahkan memicu kesalahpahaman.

Salah satu jenis kesalahpahaman yang kerap muncul di antara konsumen dan pihak bengkel, adalah tidak ketemunya isi kepala dua belah pihak dalam menentukan kerusakan suatu komponen pada mobil.

Hermas Efendi Prabowo, Ketua Umum Persatuan Bengkel Otomotif Indonesia (PBOIN) mengatakan perbedaan persepsi ini harus dipahami oleh kedua belah pihak, sehingga hubungan konsumen dan pihak bengkel menjadi lebih baik.

Baca juga: Tips Memilih Bengkel Mobil Biar Tidak Kena Tipu


“Dalam menentukan kapan waktunya komponen mobil harus diganti tidak serta merta hanya melihat kerusakan, tapi ada faktor durabilitas atau ketahanan komponen tersebut,” ucap Hermas kepada Kompas.com, Jumat (11/10/2024).

Hermas mengatakan, ketika pihak bengkel memeriksa suatu komponen, maka sepatutnya bisa memperkirakan kapan fungsinya akan menurun.

“Kira-kira apakah masih aman dipakai sampai mobil menempuh jarak tertentu, atau sampai waktunya perawatan berkala kembali, bila ada potensi sebelum itu sudah habis masa pakainya, maka bengkel harus menyarankan penggantian,” ucap Hermas.

Baca juga: Wanita Pertama Kali ke Bengkel Mobil, Kagum Ternyata Bersih dan Nyaman

Perawatan mobil di bengkel Auto2000KOMPAS.com/DAFFA Perawatan mobil di bengkel Auto2000

Sedangkan kebanyakan konsumen, menurut Hermas, justru memandang komponen mobil wajib diganti bila kondisinya sudah rusak atau tak berfungsi lagi.

“Sehingga muncul anggapan di kalangan konsumen, selama komponen masih bisa dipakai, maka tak perlu diganti, maka dari itu perbedaan persepsi ini tak ketemu,” ucap Hermas.

Maka dari itu, menurut Hermas, tak sedikit pihak bengkel dianggap melakukan praktik kecurangan, mencari-cari kerusakan, atau seakan melakukan pemerasan secara halus.

Baca juga: Bengkel Mobil Ini Boyong 3 Penghargaan di Asia Automotive Awards 2023

Bengkel spesialis Ford Trucuk, KlatenKompas.com/Erwin Setiawan Bengkel spesialis Ford Trucuk, Klaten

“Misal niat awal hanya ingin perawatan ringan, tapi karena datang ke bengkel si A, menjadi perbaikan ke mana-mana setelah diberitahu ada beberapa komponen yang sudah waktunya ganti,” ucap Hermas.

Hermas mengatakan, bila kondisinya memang karena komponen tersebut sudah mencapai masa pakainya maka hal itu tak bisa dikatakan sebagai pemerasan atau sejenisnya.

“Kewajiban bengkel memberitahu, keputusan konsumen yang menentukan, jangan sampai sudah diberitahu tapi tak mau tahu, karena dampaknya bisa merugikan konsumen,” ucap Hermas.

Baca juga: Menilik Modal Buka Bengkel Kaki-kaki Mobil

Jadi, menurut Hermas, demi menjaga keharmonisan antara konsumen dan pihak bengkel. Keduanya harus bisa berkomunikasi dengan baik, untuk mempertemukan perbedaan persepsi tadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau