Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yamaha YZF-R9 Resmi Meluncur, Digadang Jadi Pengganti R6

Kompas.com - 14/10/2024, 13:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Yamaha akhirnya meluncurkan YZF-R9, motor yang bakal mengisi kelas supersport menggantikan R6 yang sudah discontinue beberapa tahun belakangan.

R9 merupakan motor dengan fairing yang mengambil basis dari MT-09. Ubahannya signifikan dari segi bodi, rangka, sampai kaki-kaki, tapi mesinnya mengambil dari MT-09, 890cc tiga silinder.

Dikutip dari laman Yamaha Motorsport, R9 menggunakan mesin 890cc yang memiliki setelan ECU berbeda. Jadi rasionya menyediakan tenaga dan torsi yang lebih pas buat motor berkarakter sporty.

Baca juga: Kenali Ragam Teknologi Mobil Hybrid dari HEV, PHEV, dan MHEV

Yamaha YZF-R9, motor supersport baru dari Yamaha pengganti R6YAMAHA MOTORSPORT Yamaha YZF-R9, motor supersport baru dari Yamaha pengganti R6

Tenaga yang dihasilkan tembus 119 TK dengan torsi 83 Nm. Performa tadi dikawinkan dengan transmisi manual enam percepatan dengan assist & slipper clutch dan quick shift system, tidak perlu lagi operasikan kopling saat naik dan turun gigi.

Buat bagian elektronis, R9 juga dapat sentuhan yang masih. Misal layar instrumen pakai TFT lima inci dengan berbagai tema serta bisa menampilkan banyak data. Tersedia juga koneksi Yamaha Y-Connect.

Tersedia Power Delivery Mode empat tingkatan jadi bisa disesuaikan dengan keinginan pengendara soal respons mesinnya. Serta ada kendali traksi yang sensitif dengan kemiringan motor, Slide Control System (SCS) tiga tingkatan, dan wheelie control.

Baca juga: Yamaha Tanggapi Peluncuran Motor Listrik Honda 

Yamaha YZF-R9, motor supersport baru dari Yamaha pengganti R6YAMAHA MOTORSPORT Yamaha YZF-R9, motor supersport baru dari Yamaha pengganti R6

Bukan itu saja, ABS juga sensitif dengan kemiringan motor, engine brake bisa disetel kekuatannya sampai Back Slip Regulator yang mengurangi risiko roda belakang mengunci saat engine brake.

Tidak lupa ada launch control, Yamaha Ride Control (YRC) dan speed limiter.

Pada bagian sasis memakai model Deltabox dari bahan aluminium yang diklaim paling ringan dari Yamaha untuk model supersport. Suspensi depan pakai KYB dengan diameter 43mm, belakang juga KYB dengan setelan preload, kompresi, dan rebound.

Pada bagian pengereman, memakai kaliper Brembo Stylema untuk pengereman yang baik. 

 

Serta buat bodinya, memakai bahas desain R-Series yang mulus tapi agresif, dipasang juga winglet ala motor MotoGP. Posisi duduknya alan supersport yang agresif dengan setang clip-on dan dudukan kaki agak mundur.

Fitur tambahan yang ada di R9 seperti cruise control dan lampu LED yang modern. Buat harganya, R9 dibanderol 12.499 Dollar Amerika atau sekitar Rp 194 jutaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau