Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yamaha Tanggapi Peluncuran Motor Listrik Honda

Kompas.com - 14/10/2024, 07:22 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Astra Honda Motor baru saja meluncurkan dua sepeda motor listrik baru dengan nama ICON e: dan CUV e: pada Rabu (9/10/2024). Peluncuran kedua model ini berstatus world premiere, alias yang pertama di dunia.

Dua motor listrik ini menambah jajaran produk elektrifikasi di Indonesia setelah EM1 e: dan EM1 e: yang meluncur di Agustus 2023.

Honda memang sudah berkomitmen meluncurkan produk elektrifikasi lainnya buat pasar Indonesia. Honda ICON e: dan CUV e: diklaim menjawab kebutuhan masyarakat Indonesia.

Baca juga: Alasan Mobil Matik Zaman Sekarang Banyak Pakai CVT

Yamaha unjuk diri di IMOS 2022 dengan menampilkan motor listrik Yamaha E01 lengkap dengan stasiun pengisian baterai sebagai daya tarik utama.KOMPAS.com/Janlika Yamaha unjuk diri di IMOS 2022 dengan menampilkan motor listrik Yamaha E01 lengkap dengan stasiun pengisian baterai sebagai daya tarik utama.

Selain AHM, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) sebenarnya sudah sejak beberapa tahun lalu telah mengembangkan motor listrik.

Namun demikian, hingga saat ini motor listrik tersebut tak kunjung diluncurkan. Yamaha mengaku produknya masih dalam tahap studi.

“Pada dasarnya Yamaha juga menanggapi isu elektrifikasi ini dengan sangat serius. Seperti yang bisa Anda lihat di Indonesia, E01 tes marketnya masih berjalan,” ujar Takaaki Hirama, Deputy Director Marketing PT YIMM di Jakarta, Jumat (11/10/2024).

Baca juga: Modifikasi Honda Astrea Prima Bergaya Vespa Klasik

“Di negara lain seperti Taiwan, Jepang atau Eropa dan Vietnam, sudah ada EV di pasarnya dan kami mengumpulkan banyak informasi dari situ,” kata dia.

Hirama juga mengatakan, Yamaha menganggap netralitas karbon merupakan isu yang sangat penting. Meski begitu, menurutnya EV bukan solusi satu-satunya.

“Setelah kami merasa pasar Indonesia sudah konkret, pasti akan disiapkan (motor listrik),” ucap Hirama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau