Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Foton eView, Microbus ala HiAce Sudah Diuji Jalan oleh PO Efisiensi

Kompas.com - 08/10/2024, 11:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Foton Indonesia pernah memamerkan microbus listrik seperti HiAce dengan nama eView di Giicomvec, Maret 2024. Namun, di Instagram, ditemukan kendaraan niaga listrik tersebut sudah diuji jalan PO Efisiensi.

Lewat unggahan di YouTube Bus Efisiensi Official, ditampilkan bahwa eView sedang diuji jalan. Bahkan, pihak Foton minta operator bus tersebut me-review soal kendaraannya saat digunakan.

Secara singkat dibilang, eView punya rasa berkendara yang hening, tampilan oke, dan bisa muat banyak. Cuma, saat melewati sambungan jalan yang tidak rata, bantingan suspensinya agak keras.

Baca juga: Spesifikasi Foton eView, Microbus Listrik yang Mirip Toyota HiAce

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by VOXY (@voxy.1tr)

 

"Rencananya ini bakalan dipakai sama Efisiensi. Tapi buat mana dan bagaimananya, belum bisa di-share," kata host di video YouTube tersebut, dikutip Kompas.com, Selasa (8/10/2024).

Kompas.com juga sudah dapat konfirmasi dari PO Efisiensi lewat call center. Dikatakan bahwa untuk shuttle tersebut cuma dipakai untuk uji coba saja.

Secara tampilan luar, bentuknya sangat mirip dengan HiAce. Bedanya bisa dilihat di bagian grille dan bumper yang ada aksen warna biru. Dimensinya 5.320mm (panjang) x 1.695mm (lebar) x 2.280mm (tinggi).

Baca juga: Layanan Angkutan Perintis Sudah Menjangkau 322 Trayek

Soal spesifikasi, eView punya kapasitas baterai 50,23 kWh. Baterai tersebut diklaim bisa dipakai jalan sejauh 195 Km (WLTC) atau 235 Km (NEDC). 

Tenaga maksimal yang dihasilkan 85 kW atau setara 113,9 TK. Sedangkan torsinya besar, 290 Nm. Kalau dibandingkan dengan HiAce, eView punya tenaga dan torsi yang lebih kecil, tapi keunggulannya adalah instan, dari injakan awal sudah bertenaga.

Foton Indonesia rilis mobil niaga listrik baru di Giicomvec 2024Kompas.com/Fathan Foton Indonesia rilis mobil niaga listrik baru di Giicomvec 2024

Foton klaim buat pengecasan bisa pakai fast charging. Kondisi 20 persen sampai penuh cuma satu jam 20 menit, sedangkan kalau mengecas biasa bisa delapan jam saja. 

Buat harga, eView dibanderol Rp 591 juta off the road. Harganya kompetitif dengan HiAce yang ada di kisaran Rp 560 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau