Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Rangkaian Persiapan HUT Ke-79 TNI di Monas, Simak Jalur Alternatif

Kompas.com - 04/10/2024, 06:22 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sehubungan dengan dilaksanakannya rangkaian acara upacara memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 TNI di Monumen Nasional (Monas) pada 1-5 Oktober 2024, Dinas Perhubungan Jakarta menerapkan rekayasa lalu lintas.

Dalam keterangan Dishub DKI Jakarta, disebutkan rekayasa bersifat situasional atau tergantung situasi di lapangan. Oleh karena itu, pengguna jalan diimbau untuk melintasi rute alternatif agar tidak terjebak kemacetan.

"Operasional Transjakarta yang bersinggungan dengan lokasi tersebut berlaku normal. Namun. Bus Transjakarta dapat menyesuaikan pengaturan lalu lintas pada saat kegiatan berlangsung," tulis Instagram @DishubDKIJakarta, dikutip Jumat (4/10/2024).

Baca juga: Ada Proyek LRT Velodrome-Manggarai, Pengendara Bisa Cari Rute Lain

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dinas Perhubungan DKI Jakarta (@dishubdkijakarta)

Untuk mendukung pelaksanaan HUT TNI tersebut, operasional Transjakata, MRT Jakarta, dan LRT Jakarta diberlakukan tarif Rp 1.

Adapun kegiatan dimaksud berlangsung pada pukul 07.00 WIB sampai 18.00 WIB sebelum pada akhirnya dilaksanakan acara puncak, Sabtu (5/10/2024).

"Diimbau kepada pengguna jalan agar menghindari ruas jalan tersebut dan menyesuaikan pengaturan lalu lintas yang ditetapkan," tulis pernyataan itu lagi.

Dihubungi secara terpisah, Kasat Lantas Jakarta Pusat Kompol Gomos Simamora mengatakan, geladi tersebut berlangsung selama empat hari sebelum acara resmi.

Ia mengatakan, pihaknya telah menerjunkan personel untuk membantu pengaturan lalu lintas di lokasi, terutama saat mobilisasi kendaraan dan alutsista TNI.

"Bergabung dengan TNI juga di sepanjang rute dan titik pengamanan. Iya, ada (pengalihan arus) saat defile kendaraan," kata dia.

Baca juga: Harga Kembali Normal, Ini Daftar Motor Listrik Rp 20 Juta ke Atas

ratusan alat utama sistem persenjataan (alutsista) termasuk kendaraan tempur TNI berjejer di dekat Istana Merdeka, Selasa (5/10/2021) Kompas.com/MITA AMALIA HAPSARI ratusan alat utama sistem persenjataan (alutsista) termasuk kendaraan tempur TNI berjejer di dekat Istana Merdeka, Selasa (5/10/2021)

Berikut rekayasa dan rute alternatif di sekitar Monas selama rangkaian HUT ke-79 TNI:

- Lalu lintas dari Barat (RS Budi Kemuliaan) menuju Timur (Gambir) dapat melalui jalan Abdul Muis - Jalan Majapahit- Jalan Juanda - Jalan Pos - Jalan Gedung Kesenian - Jalan Lapangan Banteng Utara - dan seterusnya.

- Lalu lintas dari arah Timur (Tugu Tani) menuju Timur (RS Budi Kemuliaan) dapat melalui Jalan Merdeka Selatan sisi Selatan - Jalan Agus Salim - Jalan Kebon Sirih - Jalan Abdul Muis - dan seterusnya. Atau bisa juga melalui Jalan Medan Merdeka Timur - Jalan Perwira - Jalan Katedral - dan seterusnya.

- Lalu lintas dari arah Utara (Harmoni) menuju Selatan (Tanah Abang) bisa lewat Jalan Suryopranoto - Jalan Balik Papan - Jalan Cideng Timur - dan seterusnya.

- Lalu lintas dari arah Utara (Harmoni) menuju Selatan (Tugu Tani) bisa melalui Jalan Juanda - Jalan Pos - Jalan Gedung Kesenian - Jalan Lapangan Banteng Utara - Jalan Lapangan Banteng Barat - Jalan Pejambon - seterusnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau