Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda CBR1000RR-R Fireblade Meluncur, Harga Rp 798 Juta

Kompas.com - 25/09/2024, 15:41 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan model terbaru dari motor supersport CBR1000RR-R Fireblade, pada Rabu (25/9/2024).

Model terbaru dari CBR1000RR-R Fireblade hadir untuk memenuhi permintaan pecinta motor sport berperforma tinggi di Indonesia yang menginginkan tunggangan dengan spesifikasi terbaik dan pengalaman berkendara mendekati sensasi MotoGP.

”Berbagai ubahan terbaru kami yakini dapat memberikan pengalaman berkendara yang lebih menyenangkan dan menantang, baik di jalan raya maupun sirkuit,” Direktur Marketing AHM Octavianus Dwi, dikutip dari keterangan resmi, Rabu (25/9/2024).

Baca juga: Daihatsu Pamer Rocky Crossfield dan Bawa Xenia ADS di GIIAS Bandung

Salah satu daya tarik utama pada CBR1000RR-R Fireblade 2024 adalah peningkatan sektor aerodinamika melalui winglet baru yang dirancang untuk menghasilkan downforce lebih besar.

Hal ini meningkatkan stabilitas pengereman serta memberikan grip yang lebih konsisten pada bagian depan, terutama saat melewati tikungan berkecepatan tinggi.

Selain itu, desain fairing bawah baru mampu mengurangi aliran udara di sekitar ban belakang, yang berdampak positif pada peningkatan handling motor di berbagai situasi berkendara, memberikan kestabilan lebih baik di kecepatan tinggi serta mengurangi hambatan angin, baik saat akselerasi maupun menikung.

PT Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan model terbaru dari motor supersport CBR1000RR-R FirebladeAstra Honda Motor PT Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan model terbaru dari motor supersport CBR1000RR-R Fireblade

Tangki bahan bakar juga telah diubah bentuknya agar lebih ergonomis, memungkinkan pengendara mendapatkan cengkeraman lutut yang lebih baik dan meningkatkan kapasitas bahan bakar.

Pada sektor jantung pacu, mesin berkapasitas 999,9 cc DOHC 4-silinder inline masih dipertahankan. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga maksimum 160 kW atau 214 Hp pada 14.000 rpm dan torsi maksimum 113 Nm pada 12.000 rpm.

Kompresi mesin juga telah ditingkatkan dari sebelumnya 13,4:1 menjadi 13,6:1, yang berkontribusi pada peningkatan performa.

CBR1000RR-R Fireblade disematkan sistem Throttle by Wire terbaru dengan dua motor, yang mampu memberikan respons lebih presisi saat mengendalikan tenaga mesin serta engine braking.

Teknologi ini memastikan pengendara dapat merasakan akselerasi yang halus sekaligus mengoptimalkan deselarasi di berbagai situasi.

PT Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan model terbaru dari motor supersport CBR1000RR-R FirebladeAstra Honda Motor PT Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan model terbaru dari motor supersport CBR1000RR-R Fireblade

CBR1000RR-R Fireblade terbaru hadir dengan suspensi depan dan belakang Show Adjustable, yang tetap menawarkan kenyamanan berkendara namun dengan berbagai pengaturan.

Pada sektor pengereman, motor supersport dari Honda ini dibekali kaliper depan Nissin dengan cakram besar. Anti-Lock Braking System (ABS) yang disematkan menawarkan tiga mode terbaru, yaitu mode Sport, Track, dan Standard untuk menyesuaikan penggunaan di sirkuit maupun jalan raya.

Fitur-fitur unggulan lain yang memberikan pengalaman berkendara maksimal masih dipertahankan, seperti pengaturan riding mode, kontrol traksi HSTC, serta Wheelie Control untuk menjaga kestabilan saat akselerasi cepat.

Baca juga: Diskon Motor Sport Honda Bulan Ini Tembus Rp 8 Juta

Sensor advance Inertial Measurement Unit (IMU) 6-Axis mampu mengukur posisi motor dalam enam axis (sumbu). Peranti ini bekerja bersama Honda Electronic Steering Damper (HESD) yang mempunyai tiga mode pengaturan (hard, medium, soft), berguna untuk menambah stabilitas berkendara pada kecepatan tinggi dan menikung.

AHM menawarkan model terbaru CBR1000RR-R Fireblade STD dengan pilihan warna Honda Tricolor yang ikonik, dipasarkan dengan harga Rp 798 juta on the road wilayah Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau