Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mana yang Lebih Baik, PPF atau Coating buat Bodi Mobil?

Kompas.com - 22/09/2024, 13:21 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada banyak cara untuk memberikan perlindungan mobil. Selain melakukan coating, yakni dengan menggunakan Paint Protection Film (PPF). Meski keduanya sama-sama memiliki fungsi untuk melindungi cat mobil, namun ditawarkan dengan harga, bahan dan teknik yang berbeda.

Bicara soal harga, perlindungan anti gores dengan PPF memang tidak murah. Banderol yang ditawarkan mencapai puluhan juta rupiah, tak heran jika metode ini banyak diaplikasikan pada mobil premium.

Berbeda dengan biaya coating mobil yang dimulai dengan rentang harga Rp 2 jutaan.

Baca juga: Aki Motor Soak Sebaiknya Segera Diganti, Jangan Hanya Disetrum

“Konsumen PPF itu 90 persen memang mobil premium. Sementara kalau coating ini middle sampai entry level,” ucap Daniel, saat ditemui di Gading Serpong, Tangerang, belum lama ini.

Daniel melanjutkan, PPF memiliki sejumlah kelebihan jika dibandingkan dengan coating. Seperti mudah dalam hal perawatan hingga memiliki sifat self healing yang bisa menghilangkan baret halus dengan sendirinya tanpa perawatan khusus hanya mengandalkan panas sinar matahari.

Coating juga sebetulnya ada juga yang self healing, tapi tingkat glossy-nya tidak bagus. PPF ini bisa jauh lebih kilap dibanding coating dan stiker, selain itu lebih elastis sehingga bisa lebih tahan baret dan goresan,” kata Daniel.

PPF MobilKompas.com/Nanda PPF Mobil

Selain itu, dari segi perawatan, lapisan PPF dinilai bisa bertahan lebih lama sampai bertahun-tahun, meski tidak ada jaminan bila kelir mobil akan tetap kinclong seiring masa penggunaan mobil itu sendiri.

Baca juga: Lebih Baik Ganti Bushing Saja atau Rack Steer KW?

“Kalau coating ada jadwal perawatan rutin yang harus dilakukan pemilik mobil sekitar tiga sampai enam bulan sekali,” kata Daniel.

Dapat disimpulkan bahwa PPF memiliki keunggulan baik dari segi bahan, ketahanan dan perawatan dibandingkan dengan coating. Hanya saja harga yang ditawarkan PPF jauh lebih mahal dibandingkan coating.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau