Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Tuas Sein Mobil Eropa di Sebelah Kiri Setir

Kompas.com - 21/09/2024, 09:22 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Sein atau lampu sein merupakan alat komunikasi pada mobil untuk memberi tahu pengemudi lain bahwa mobil akan belok ke kiri atau ke kanan.

Berbeda dengan mobil Jepang yang memakai tuas sein di sebelah kanan setir, mayoritas tuas sein mobil Eropa berada di kiri setir.

Baca juga: Ada Masalah di Jalan Bukan Berarti Bisa Arogan dan Jadi Koboi Jalanan

Pras Moerdhoko, Aftersales Marketing Mercedes-Benz PRO Motor, mengatakan, tuas mobil Eropa dalam hal ini termasuk Mercedes-Benz berada di kiri karena berkaitan dengan posisi mengemudi.

Tuas lampu sein- Tuas lampu sein
 

“Di Mercedes-Benz memang tuas untuk sein ada di sebelah kiri, tergabung dengan kontrol untuk wiper. Tapi untuk pengoperasian lampu utama terletak terpisah di sebelah kanan dashboard di bawah kisi AC,” kata Pras kepada Kompas.com, Jumat (20/9/2024).

Penjelasannya yaitu di negara asalnya yaitu Eropa, yang mana setir berada di posisi kiri, tuas sein ibuat di sebelah kiri, agar tangan kanan pengemudi tetap fokus di tuas persneling.

Sementara untuk wiper berada di tuas kanan karena fungsinya tidak terlalu krusial. Wiper hanya digunakan pada musim hujan, berbeda dengan sein yang sering digunakan saat mengemudi.

Baca juga: Dampak Kekurangan Minyak Rem terhadap Sistem ABS pada Motor

“Alasannya karena mobil Eropa merupakan setir kiri, sehingga akan terasa lebih natural jika tuas kontrol diletakkan di sebelah kiri,” ujar Pras.

 

Posisi tuas lampu sein dan wiper Jeep CompassKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Posisi tuas lampu sein dan wiper Jeep Compass

Baca juga: Industri Komponen Lokal Bidik Peluang Kolaborasi EV di Indonesia

Lantas mengapa ketika diubah jadi setir kanan, tuas sein tetap berada di kiri bukan di kanan?

Pras mengatakan, tuas sein mobil Eropa dipertahankan tetap berada di kiri meski sudah adopsi setir kanan untuk mempermudah produksi.

“Namun ketika diproduksi untuk setir kanan, tuas kontrol tetap berada di sebelah kiri untuk efisiensi produksi, sehingga tidak perlu membuat layout baru kolom setir dan tuas kontrol untuk setir kanan,” ujar Pras.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau