Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

12 Pebalap MotoGP Akan Konvoi di Kota Mataram Sebelum Balapan

Kompas.com - 20/09/2024, 11:22 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pekan depan, MotoGP Indonesia 2024 akan digelar di Pertamina Mandalika Internasional Circuit, Lombok. Sebelum balapan, 12 pebalap MotoGP dipastikan akan melakukan konvoi di Kota Mataram.

ITDC dan MGPA telah menyiapkan serangkaian acara menuju MotoGP 2024. Salah satunya adalah Pertamina GP of Indonesia Riders Parade yang akan digelar di Kota Mataram, Rabu (25/9/2024).

Baca juga: Jadwal MotoGP Emilia Romagna 2024, Balapan Digelar Akhir Pekan Ini

Tepat setelah MotoGP Emilia Romagna yang digelar akhir pekan ini di Sirkuit Misano, para pebalap akan langsung terbang ke Lombok untuk seri ke-15 MotoGP 2024. Namun, dari 24 pebalap, hanya akan dipilih 12 pebalap yang mengikuti parade.

Parade pebalap MotoGP di JakartaKOMPAS.com/JANLIKA Parade pebalap MotoGP di Jakarta

Para pebalap tersebut adalah Marc Marquez, Jorge Martin, Enea Bastianini, Pedro Acosta, Alex Rins, Fabio Di Giannantonio, Aleix Espargaro, Marco Bezzecchi, Jack Miller, Raul Fernandez, dan Luca Marini. Tidak ketinggalan, pebalap lokal Mario Suryo Aji, yang saat ini berkompetisi di Moto2, juga akan hadir.

Acara Riders Parade dijadwalkan akan berlangsung pada pukul 16.00 WITA, keberangkatan dari Taman Sangkareang melewati jalanan utama di Kota Mataram dan berakhir di Taman Udayana, Mataram.

Baca juga: Pensiun dari MotoGP, Lin Jarvis Tetap Pegang Posisi Penting di Yamaha

Troy Waroka, Chairman of Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024, mengatakan, Pertamina GP of Indonesia Riders Parade adalah bagian dari penyambutan untuk kedatangan para pebalap MotoGP, yang akan menyapa masyarakat umum di Kota Mataram.

Presiden Joko Widodo (kiri) didampingi Menteri BUMN Erick Thohir (kedua kiri), Dirut Pertamina Nicke Widyawati (tengah), Dirut ITDC Abdulbar M Mansoer (keempat kiri) dan mantan Menparekraf Wishnutama melepas parade pebalap MotoGP di depan Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (16/3/2022). Parade tersebut merupakan bentuk apresiasi atas kerja keras Pemerintah dalam mempersiapkan pagelaran MotoGP Mandalika pada 18-20 Maret 2022.ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN Presiden Joko Widodo (kiri) didampingi Menteri BUMN Erick Thohir (kedua kiri), Dirut Pertamina Nicke Widyawati (tengah), Dirut ITDC Abdulbar M Mansoer (keempat kiri) dan mantan Menparekraf Wishnutama melepas parade pebalap MotoGP di depan Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (16/3/2022). Parade tersebut merupakan bentuk apresiasi atas kerja keras Pemerintah dalam mempersiapkan pagelaran MotoGP Mandalika pada 18-20 Maret 2022.

"Setiap pebalap akan mengendarai motornya masing-masing, dan acara ini dipastikan akan lebih semarak karena masyarakat berkesempatan untuk melihat lebih dekat para pebalap idola mereka, sebelum mereka beraksi di Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024,” ujar Troy, dalam keterangan resminya.

Troy menambahkan, dengan adanya Riders Parade diharapkan dapat meningkatkan minat para penggemar MotoGP serta masyarakat umum untuk hadir langsung di Pertamina Mandalika International Circuit.

Pebalap MotoGP melakukan parade di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Rabu (16/3/2022). Parade tersebut untuk memeriahkan pagelaran MotoGP seri kedua Pertamina Grand Prix of Indonesia di Pertamina Mandalika International Street Circuit pada 18 - 20 Maret 2022.ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTA Pebalap MotoGP melakukan parade di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Rabu (16/3/2022). Parade tersebut untuk memeriahkan pagelaran MotoGP seri kedua Pertamina Grand Prix of Indonesia di Pertamina Mandalika International Street Circuit pada 18 - 20 Maret 2022.

”Kami telah mengantisipasi untuk keamanan selama acara berlangsung, sehingga pebalap merasa nyaman berinteraksi dengan masyarakat. Ini merupakan salah satu bentuk apresiasi kami terhadap tingginya antusias masyarakat NTB dalam menyambut dan mendukung gelaran MotoGP tahun ini," kata Troy.

Keterlibatan 12 pebalap unggulan dalam acara ini menunjukan bahwa Dorna Sports melihat Indonesia sebagai aset besar dalam penyelenggaraan MotoGP di dunia.

Carlos Ezpeleta, Sports Director of Dorna Sports, mengatakan, Indonesia adalah salah satu negara dengan penggemar MotoGP terbesar di dunia. Dorna yakin penggemar di Indonesia sudah tidak sabar ingin melihat pebalap jagoannya kembali berlaga di Mandalika, di sirkuit yang indah dan unik.

Baca juga: Quartararo Senang Pramac Gabung Yamaha, Pengembangan Motor Bakal Bagus

Pebalap MotoGP dari tim Repsol Honda Marc Marquez mengikuti parade di kawasan Jalan M.H.Thamrin, Jakarta, Rabu (16/3/2022). Parade digelar untuk memeriahkan seri kedua MotoGP yang akan diselenggarakan di Sirkuit Mandalika pada 18-20 Maret 2022.Antara Foto/Dhemas Reviyanto Pebalap MotoGP dari tim Repsol Honda Marc Marquez mengikuti parade di kawasan Jalan M.H.Thamrin, Jakarta, Rabu (16/3/2022). Parade digelar untuk memeriahkan seri kedua MotoGP yang akan diselenggarakan di Sirkuit Mandalika pada 18-20 Maret 2022.

"Riders Parade di Mataram akan menjadi pembuka race week yang menyenangkan bagi para fans dan seluruh masyarakat, di mana mereka akan bisa melihat lebih dekat para riders dan jika ada kesempatan, untuk berfoto bersama,” ujar Carlos.

Sebelum berlangsungnya balapan, para pebalap MotoGP akan melanjutkan kegiatan dengan aksi kepedulian terhadap lingkungan di sekitar kawasan The Mandalika, termasuk penanaman pohon di Deluxe Class Sirkuit Mandalika pada Kamis (26/9/2024).

Selain itu, akan digelar juga peresmian Museum MotoGP pertama dan satu-satunya di dunia pada Jumat (29/9/2024) di Pertamina Mandalika International Circuit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau