Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Karoseri Truk Punya Model Lebih Beragam dari Bus

Kompas.com - 13/09/2024, 09:42 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bukan hanya bus, truk juga tidak terlepas dari peran karoseri agar kendaraan bisa digunakan sesuai kebutuhan.  Di Indonesia sendiri saat ini ada beberapa karoseri truk yang kerap digunakan oleh pasar, bekerjasama dengan sejumlah merek. 

Truck Bodybuilder DCVI Hendro Sembodo menjelaskan, karoseri atau bodybuilder merupakan pihak yang mengambil alih tahap akhir. 

"Sementara itu, Mercedes-Benz hanya menjual bentuk kabin sasis atau engine chassis. Sehingga pasti membutuhkan bodi atau rumah-rumah sebagai pelengkap kendaraan. Bahkan yang tractor head sekalipun masih membutuhkan trailer untuk penggunaannya," kata Hendro di ajang IIE Series 2024, Kamis (12/9/2024).

Baca juga: Diskon Helm Pebalap MotoGP di Imhax 2024, mulai Rp 10 Jutaan

Hendro mengatakan, karoseri truk dan bus punya perbedaan lantaran setiap pembeli truk punya kebutuhan yang beragam. Sebab, setiap karoseri truk mengerjakan pembuatan bodi dengan fungsi yang berbeda sehingga lebih bervariasi di banding karoseri bus

Secara garis besar, karoseri bus fokus untuk merancangg bodi yang diperuntukan untuk penumpang orang. Kalau karoseri truk itu merancang bodi yang cocok untuk mengangkut muatan barang.

"Yang pertama untuk truk itu ada pasar untuk on-road. Yang kedua adalah off-road. Dan off-road ini macam-macam juga, salah satunya untuk operasional tambang seperti keempat truk yang di bawa oleh DCVI di pameran ini," kata Hendro. 

Lebih lanjut pada ajang di IIE Series 2024, DCVI bekerjasama dengan empat karoseri lokal Indonesia untuk membuat truk tabang dengan beragam aplikasi. 

Yang pertama Mercedes-Benz Axor 2528 CH (6x4) M/T dan Mercedes-Benz Arocs 4042 K (6x4) dengan aplikasi bodi Over Burden yang dibuat oleh karoseri Metalindo Teknik Utama dan Hydraxle Perkasa.  Ini merupakan jenis Dump Truck dengan bak terbuka yang bisa digerakkan naik dan turun menggunakan hidrolik.

Pembukaan booth DCVI di IEE Series 2024KOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI Pembukaan booth DCVI di IEE Series 2024

Baca juga: JLM Auto Buka Diler Baru Harley-Davidson di Surabaya

Dump Truck jenis ini biasa digunakan untuk memindahkan material tanah (sisa material tak terpakai yang melapisi batubara) ke tempat pembuangan.

Kemudian ada Mercedes-Benz Arocs 4845 K (8x4), yang hadir menggunakan aplikasi body Truck Hauling Coal dari karoseri Porter Rekayasa Unggul. Hauling Truck merupakan salah satu jenis Dump Truck yang biasa digunakan untuk mengangkut batubara dari Pit. 

Lalu ada Mercedes-Benz Axor 2528 RMC (6x4) M/T yang hadir menggunakan aplikasi body Water Sprayer oleh karoseri Usaha Teknik Indonesia. Ini merupakan kendaraan yang dibangun khusus untuk membawa dan menyemprotkan air dengan kekuatan yang bisa disesuaikan oleh pihak karoseri atas permintaan pengguna.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau