Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil MotoGP San Marino 2024, Marquez Juara, Bagnaia Kedua, Martin Salah Strategi

Kompas.com - 08/09/2024, 19:44 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com -Marc Marquez kembali sukses menjadi juara pada MotoGP San Marino 2024. Ini adalah kemenangan kedua beruntun Marquez setelah sebelumnya juga menjadi juara pada MotoGP Aragon 2024.

Pada posisi kedua ada Francesco Bagnaia, sedangkan podium ketiga ada Enea Bastianini. Jorge Martin gagal podium setelah salah strategi pada balapan kali ini. Martin melakukan dua kali pergantian motor.

Francesco Bagnaia yang start dari pole position pada MotoGP San Marino 2024 di Sirkuit Misano melakukannya dengan baik. Dia pun langsung memimpin jalannya balapan.

Awal balapan, bendera putih sempat dikibarkan karena sebagian trek masih basah karena hujan. Race Direction pun mengumumkan bahwa pebalap diizinkan untuk mengganti motornya, menandakan balapan bisa berjalan dengan flag-to-flag.

Pada posisi kedua, dipertahankan oleh Franco Morbidelli. Tapi, tak lama kemudian, Jorge Martin langsung mengambil alih posisi tersebut.

Masih di lap pertama, terjadi juga senggolan antara Marc Marquez dengan Enea Bastianini. Marc yang start dari posisi kesembilan berhasil naik ke posisi ketujuh, sementara Bastianini bertahan di depannya.

Memasuki lap kedua, Martin langsung mencoba melakukan manuver menyalip. Namun, Bagnaia berhasil bertahan.

Sementara itu, Pedro Acosta juga mencoba untuk menyalip Morbidelli, tapi gagal dan sempat terjadi senggolan. Winglet sebelah kiri pada motor Acosta pun patah akibat senggolan tersebut.

Pada lap ketiga, Bagnaia mencoba membuka jarak dengan Martin hingga 0,4 detik. Sementara jarak Martin dengan Morbidelli juga sudah terbuka hingga 0,5 detik.

Masuk lap keempat, Bagnaia semakin membuka jarak dengan Martin. Kali ini, sudah mencapai 0,6 detik. Pada barisan belakang, Brad Binder masih bertahan di posisi kelima.

Pada lap yang sama, Acosta terjatuh karena mengalami lowside. Kondisi ini tentu menguntungkan para pebalap di belakangnya. Beruntung Acosta tidak mengalami cedera yang serius dan bisa langsung bangkit.

Pada lap keenam, Martin masih menempel di belakang Bagnaia. Sementara jarak Martin dengan Morbidelli juga tipis. Namun, tiga pebalap terdepan ini sudah membuka jarak yang cukup jauh dengan barisan di belakangnya.

Lap ketujuh, Morbidelli terjatuh pada tikungan 1. Dia juga mengalami lowside, diyakini karena trek yang licin karena turunnya hujan.

Balapan tersisa 21 lap lagi, para tim pun menyiapkan motor cadangan. Bagnaia bertahan di lap kedelapan dengan motor yang sama. Tapi, Martin memutuskan untuk mengganti motornya.

Sementara ini, Binder naik ke posisi kedua, diikuti Marc di posisi ketiga. Pada lap kedelapan, dia sudah menyalip Binder, ditambah dengan Bagnaia jelang lap kesembilan.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau