Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Paus Fransiskus Selama di Jakarta Tidak Antipeluru, Paspampres Pastikan Pengawalan Ketat

Kompas.com - 04/09/2024, 08:12 WIB
Ruly Kurniawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sedikitnya terdapat dua kendaraan roda empat yang disiapkan untuk dijadikan alat mobilisasi Pemimpin Gereja Katolik Dunia, Paus Fransiskus selama di Jakarta pada 3-6 September 2024.

Kendaraan tersebut ialah Toyota Kijang Innova Zenix V Hybrid Modellista sebagai moda pribadi jarak jauh dan Maung MV3 dengan atap terbuka buatan PT Pindad yang dijadikan popemobile.

Menariknya, kedua mobil tersebut tidak antipeluru dan bom alias standar pabrik. Hal ini sebagaimana dikatakan Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor, Anton Jimmi Suwandy saat dikonfirmasi Kompas.com, Selasa (3/9/2024).

Baca juga: Ini Dua Mobil yang Dipakai Paus Fransiskus Selama di Jakarta

Mobil Toyota Innova Zenix Hybrid yang akan digunakan Paus Fransiskus saat kunjungan di Indonesia.KOMPAS.com/ERIKA DINO Mobil Toyota Innova Zenix Hybrid yang akan digunakan Paus Fransiskus saat kunjungan di Indonesia.

"Namun pengamanan beliau dari Paspampres dan pihak berwenang sepertinya sudah sesuai standar kepala negara," kata dia.

Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) Mayjen TNI Achiruddin juga memastikan Maung MV3 yang dipakai Paus Fransiskus hanya dimodifikasi bagian eksterior saja yaitu cat warna putih dengan atap terbuka.

Di dalam kabin belakang, terdapat sofa tunggal yang dapat diputar dan kursi lipat pada sisi kiri dan kanan. Mobil ini juga dilengkapi tangga untuk memudahkan akses naik-turun Paus Fransiskus.

Adapun pemilihan kedua mobil tersebut menyesuaikan permintaan pihak Vatikan yang menginginkan kendaraan yang simpel, sederhana, dan umum.

"Walaupun mobil yang dipakai bukanlah mobil antipeluru, pengamanan Paus selama di perjalanan tetap dilaksanakan secara ketat dan maksimal," kata dia kepada Kompas.com.

Baca juga: Mobil Paus Fransiskus Pakai Pelat Nomor SCV 1, Apa Artinya?

Paus Fransiskus dalam Popemobile di Lapangan Santo Petrus, Vatikan.Reuters/Al Arabiya Paus Fransiskus dalam Popemobile di Lapangan Santo Petrus, Vatikan.

"Pengamanan yang Paspampres berikan tetap maksimal sesuai dengan SOP yang berlaku. Semua faktor kami antispasi dan berikan pengamanan secara maksimal terhadap obyek VVIP Paus," lanjutnya.

Untuk diketahui, Kijang Innova Zenix merupakan mobil keluarga 7-penumpang kelas menengah paling populer di Indonesia. Mobil dibekali mesin 1.987 cc 4 silinder Dual VVT-i yang bisa menghasilkan tenaga 171 Hp dan torsi 204 Nm.

Sedangkan Maung MV3 adalah kendaraan taktis yang dirancang untuk operasi di medan sulit dan mengangkut personel dengan kapasitas 4 orang. Dimensinya, panjang 4,8 meter, lebar 2 meter, dan tinggi 1,8 meter dengan wheelbase 2,8 meter.

Maung ditenagai mesin diesel 1.900 cc dengan daya 136 Tk dan mampu melaju hingga 120 Kpj dengan jarak tempuh mencapai 650 km.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau