Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Pria Kendarai Motor dengan Ban Bocor, Ketahui Dampaknya

Kompas.com - 25/08/2024, 19:31 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Ban bocor menjadi salah satu hal yang paling menjengkelkan saat mengendarai sepeda motor. Dalam kondisi ini, mau tidak mau ban harus segera diperbaiki.

Untuk memperbaiki ban motor yang bocor, tentu harus dilakukan di bengkel atau tukang tambal ban. Dalam kondisi ini, jarang pengendara yang memaksa jalan menggunakan motor buat mencapai lokasi tersebut.

Seperti contoh dalam video yang diunggah oleh akun Instagram Romansa Sopir Truck. Dalam rekaman tersebut tampak pengendara motor yang memaksakan berkendara dalam kondisi ban bocor. Beberapa kali pengendara itu juga terlihat kehilangan stabilitas hingga nyaris tergelincir.

Baca juga: Tunggakan Pajak Kendaraan Akan Dikirim Lewat Pesan WhatsApp

Sumantri Tanuwijaya, Pemilik Bengkel Jaya Motor Cikupa Tangerang mengatakan, ban motor yang bocor jika tetap dipakai jalan akan berdampak pada kerusakan ban hingga pelek.

“Yang pasti ban nya akan rusak. Baik itu ban tubeless (ban luarnya rusak), atau ban dalam. Kalau ban dalam bisa ban luar dan dalamnya yang rusak,” kata pria yang akrab disapa Jaya, saat dihubungi Kompas.com, Minggu (25/8/2024).

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Romansa Sopir Truck (@romansasopirtruck)

Ban yang bocor karena benda tajam, bisa menempel di ban tubeless dan merusak struktur nylon cord sehingga bisa memengaruhi konstruksi ban.

Sedangkan pada ban dalam, benda tajam tersebut bisa merusak atau merobek bagian dalam ban dan berpotensi tidak bisa dipakai lagi.

Tak hanya itu, efek kerusakan lainnya bisa terjadi pada pelek. Karena tidak ada bantalan penahan dengan jalan. Alhasil bibir pelek akan menjadi korban.

“Kalau jalannya bergelombang atau jelek, peleknya juga bisa rusak. Karena keadaan jalan yang tidak rata dipaksa jalan,” kata Jaya.

Baca juga: Catat, Ini Syarat dan Cara Membuat QR Code untuk Beli BBM Pertalite

Tidak ada aturan atau cara yang lebih baik dalam mengendarai motor yang bannya bocor, baik untuk jarak maksimal atau kecepatan maksimal. Ketika ban motor sudah bocor, sebaiknya segera mencari tempat tambal ban terdekat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau