Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompetisi Teknisi Tingkat Nasional AHM, Kini Pakai Motor Listrik

Kompas.com - 23/08/2024, 17:41 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

CIKARANG, KOMPAS.com - PT Astra Honda Motor (AHM) kembali menguji keterampilan teknisi pada ajang Astra Honda Motor Technical Skill Contest (AHM-TSC) 2024. Untuk diketahui, AHM-TSC kali ini merupakan gelaran ke-28 sejak pertama kali diselenggarakan pada 1992.

Para teknisi, service advisor, dan teknisi Big Bike mengikuti kompetisi dengan semangat memberikan kepuasan konsumen dalam merawat motor di jaringan bengkel Astra Honda Authorized Service Station (AHASS).

Baca juga: Video Damkar Terhalang Mobil Parkir Sembarangan, Pahami Aturannya

General Manager Technical Service Division AHM V.H. Kunsala Krishna mengatakan, kompetisi tahunan ini menjadi ajang pengukuran maupun pengujian kompetensi teknisi AHASS, Big Bike dan service advisor Honda.

PT Astra Honda Motor (AHM) kembali menguji keterampilan teknisi pada ajang Astra Honda Motor Technical Skill Contest (AHM-TSC) 2024. Foto: KOMPAS.co/Dio Dananjaya PT Astra Honda Motor (AHM) kembali menguji keterampilan teknisi pada ajang Astra Honda Motor Technical Skill Contest (AHM-TSC) 2024.

"Kompetisi ini menjadi bagian dari upaya kami memberikan layanan prima terhadap konsumen, termasuk pemilik sepeda motor listrik Honda," ujar Krishna di Cikarang (23/8/2024).

"Sejalan dengan semangat Satu Hati, kami ingin dapat menemani konsumen merawat dan memastikan kondisi terbaik pada sepeda motor Honda kesayangannya," kata dia.

Berbeda dari sebelumnya, pada kontes kali ini AHM menggunakan Honda EM1 e: sebagai salah satu materi uji untuk memastikan kesiapan jaringan AHASS menghadapi era sepeda motor listrik saat ini.

Baca juga: Alasan Transmisi Matik Konvensional Digantikan CVT pada Mobil Baru

Dalam pengujian materi terkait sepeda motor listrik, para teknisi diuji terkait penguasaan teknologi sepeda motor listrik dan poses perawatannya.

PT Astra Honda Motor (AHM) kembali menguji keterampilan teknisi pada ajang Astra Honda Motor Technical Skill Contest (AHM-TSC) 2024. Foto: KOMPAS.com/Dio Dananjaya PT Astra Honda Motor (AHM) kembali menguji keterampilan teknisi pada ajang Astra Honda Motor Technical Skill Contest (AHM-TSC) 2024.

Kalibrasi pengujian teknisi untuk sepeda motor lainnya pun dilakukan meliputi uji teori, analisa masalah, praktik penggunaan peralatan bengkel, proses pengukuran, bongkar pasang, dan penanganan masalah pada sepeda motor.

Baca juga: Hyundai Siapkan Pikap Listrik, Pesaing Tesla Cybertruck

Sementara itu, service advisor diuji dalam hal teori, teknik dan praktik dalam bentuk studi kasus atau role play yang telah ditetapkan serta sisi praktik melayani konsumen.

Selain Honda EM1 e:, selama kompetisi berlangsung, para peserta melakukan simulasi perawatan dan perbaikan sepeda motor Honda menggunakan unit CB500X dan Honda Genio.

Berikut ini daftar pemenang AHM TSC 2024:

Kategori Teknisi Big Bike
1. I Made Wiyoga - Astra Motor Bali
2. Dwi Sofianto - Astra Motor Jawa Tengah
3. Moch Rifa'i - PT Mitra Phinastika Mulia

Kategori Teknisi AHASS
1. Riki Gustiawan - Astra Motor Sumatera Selatan
2. Syahrul Musni - Astra Motor Sulawesi Selatan
3. Said Muhammad Randi - PT Indako Trading Company

Kategori Service Advisor
1. Eko Purwanto - PT Mitra Phinastika Mulia
2. Tri Wahyudi - Astra Motor Jawa Tengah
3. I Made Arya Dwi Cahya Arta - Astra Motor Bali

Kategori Best Main Dealer
- Astra Motor Sulawesi Selatan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau