Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fasilitas Charger Mobil Listrik Hyundai Sudah Tembus 600 Titik

Kompas.com - 16/08/2024, 14:21 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini Hyundai memutuskan tidak memperbolehkan mobil listrik merek lain mengisi daya di fasilitas charging milik Hyundai.

Keputusan tersebut diambil sebab populasi mobil listrik Hyundai sudah mulai banyak. Hyundai tak ingin pemilik mobil Hyundai antre buat “ngecas” dengan mobil lain padahal di fasilitas milik Hyundai.

Baca juga: Video Viral Pengemudi Bus Enggan Antre Saat Keluar Tol

Fransiscus Soerjopranoto, Chief Operating Officer (COO) PT Hyundai Motors Indonesia (HMID), mengatakan, fasilitas charging station Hyundai di seluruh Indonesi sudah berjumlah ratusan unit.

Hyundai Ioniq 5 faceliftHyundai.com Hyundai Ioniq 5 facelift

“Sekarang sudah 600 titik. Jadi sekarang 240 (unit charger) milik kami sendiri. Terus kemudian ditambah dengan yang kemarin kolaborasi dengan 4 charging partner operator itu jadi 600 titik lokasi dengan jumlah 700 charger,” ujar Frans di Jakarta,yang ditemui belum lama ini.

Frans merinci dari total 700 charger di seluruh Indonesia mayoritasnya ialah tipe slow charging.

Baca juga: Mengintip Langsung Truk VAR yang Jadi Kunci Transformasi Sepak Bola Tanah Air

“Nah 700-an charger itu 70 persen yang AC yang slow charging, kemudian fast charging itu 20 persen yang ultra fast charging 10 persen. Jadi itu sudah cukup buat kami. Nah cuma kami masih lihat dan lagi menjajaki kolaborasi dengan PLN,” katanya.

Penggunaan SPKLU PLN EYE tipe pole mounted charging di kantor PLN di jalan KS Tubun, Jakarta Barat. Dok. PT (PLN) Persero Penggunaan SPKLU PLN EYE tipe pole mounted charging di kantor PLN di jalan KS Tubun, Jakarta Barat.

“Kalau PLN kita bisa kolaborasi berarti dapat dipastikan kita punya charging station itu udah di atas 1.000 titik. Itu yang saya maksud dengan bahwa kalau pulau Jawa itu panjangnya dari kiri ke kanan 1.000 km, (setiap) 1 km-nya ada charging station Hyundai,” katanya.

Namun dari jumlah tersebut, Frans mengatakan pihaknya tetap akan terus berusaha memperbanyak fasilitas charging milik Hyundai.

“Selain itu 240 charging kita pasti akan terus tambah-tambah terus karena dengan bertambahnya populasi yang kita akan jual kita mau kasih layanan terbaik untuk konsumen,” ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau