Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tarif Tol Sigli-Banda Aceh Bakal Naik

Kompas.com - 14/08/2024, 19:21 WIB
Dio Dananjaya,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Hutama Karya (Persero) akan segera menerapkan penyesuaian tarif pada ruas Tol Sigli – Banda Aceh dalam waktu dekat.

Perubahan ini mengikuti Surat Keputusan (SK) Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) No.1980/KPTS/M/2024 yang diterbitkan pada 9 Agustus 2024.

SK ini mencakup penyesuaian tarif untuk Seksi 2-4 (Seulimeum - Blang Bintang) yang beroperasi sejak Maret 2021, dan penetapan tarif baru untuk Seksi 5-6 (Blang Bintang - Baitussalam).

Baca juga: Cek Harga Double Cabin Bekas, Dijual mulai Rp 95 Jutaan

Tol Sigli-Banda Aceh.Dok. PT Hutama Karya (Persero) Tol Sigli-Banda Aceh.

Penyesuaian tarif dilakukan berdasarkan Pasal 48 ayat (3) dan (4) UU No. 2/2022 tentang Jalan yang memungkinkan penyesuaian tarif setiap dua tahun, dengan mempertimbangkan inflasi dan pemenuhan SPM.

“Penyesuaian tarif layaknya dilakukan pada tahun 2022 lalu, namun ditunda dengan pertimbangan pemulihan ekonomi pascacovid,” ujar Adjib Al Hakim, Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, dalam keterangan tertulis (13/8/2024).

“Pada tahun ini harus kita lakukan untuk tetap menjaga iklim investasi yang kondusif dalam pengelolaan jalan tol, yang juga akan berdampak pada keberlanjutan jalan tol pertama di Aceh ini,” kata dia.

Baca juga: Bagnaia Sebut Satu Tim dengan Marquez Bisa Jadi Bencana

Sebagai informasi, seksi 5-6 (Blang Bintang - Baitussalam) telah beroperasi tanpa tarif sejak Juni 2023 dan mendapatkan respons positif dari pengguna dengan lebih dari 430.000 kendaraan yang melintas.

Penyesuaian tarif ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas layanan jalan tol serta memastikan keberlanjutan operasional dan pengembangan infrastruktur jalan tol di Aceh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau