Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pastikan Anak-anak Tidak Mendekat Saat Sedang Panaskan Mobil

Kompas.com - 07/08/2024, 17:01 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini kasus bocah berusia 9 tahun membawa mobil dan terlibat kecelakaan viral di media sosial.

Dalam video yang diunggah akun Instagram @wargajakarta.id, bocah berinisial MP itu membawa Toyota Rush model lama dan menabrak lampu lalu lintas di Kemang, Jakarta Selatan.

Baca juga: Jangan Abai pada Sistem Pendinginan Mobil, Efeknya Bisa Fatal

Diketahui, mobil yang dikendarai oleh MP pada saat itu sedang terparkir dan dipanaskan pemiliknya di halaman. Namun detail sampai dia bisa sampai membawa mobil masih ditindaklanjuti.

 

Jusri Pulubuhu, Training Director Jakarta Defensive Driving (JDDC) mengatakan, kejadian tersebut merupakan pengigat buat orang dewasa di manapun untuk lebih waspada melihat "kondisi" yang bisa membahayakan.

"Harusnya orang dewasa dan orang tua mawas diri pada sesuatu yang membahyakan yang berada di dekat anak-anak," kata Jusri kepada Kompas.com, Rabu (7/8/2024).

"Seharusnya orang dewasa itu seperti melihat pisau yang tajam di atas meja dan ada anak di bawah usia di dekat situ, maka langsung menyingkirkan dan mengamankan objek bahaya," ujarnya.

Baca juga: Mengenal Komponen Sistem Pendingin Mobil dan Sistem Kerjanya

Kalau benar dalam kejadian tersebut mobil sedang dipanaskan dan tanpa pengawasan, sehingga ada bocah kelas 1 SD bisa membawa mobil tersebut maka Jusri melihatnya sebuah kelalaian.

Ilustrasi memeriksa sistem pengapian mobil.Auto2000 Ilustrasi memeriksa sistem pengapian mobil.

"Kalau melihat kunci mobil juga hati-hati, kalau masyarakat sadar akan bahaya dan risiko. Pemahaman itu hanya bisa dinaikkan bila pengetahuan terhadap kesempatan itu ada," ujar Jusri.

Baca juga: Ragam Pilihan Kaca Film Mobil dengan Visibilitas Efektif

"Pengetahuan tentang keselamatan hanya diperoleh lewat kedewasaan. Anak kecil tidak punya hal itu," ujar Jusri.

Training Director Safety Defensive Consultant Sony Susmana mengatakan, pemilik kendaraan jangan selalu merasa aman meninggalkan mobil dalam keadaan menyala sekalipun di depan rumah.

“Bila harus memanaskan mesin, sebaiknya hanya satu menit dan pengemudi tetap duduk di belakang kemudi. Sekalipun dalam garasi atau halaman sendiri, bukan berarti jauh dari ancaman dan kejahatan, jadi tetap harus waspada," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau