Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasang Ban Serep Space Saver Cuma Boleh di Roda Belakang?

Kompas.com - 06/08/2024, 06:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak mobil yang dibekali dengan ban serep model space saver. Sehingga, ruang pada bagasi tetap lapang. Namun, sebagian orang menyebutkan bahwa ban ini hanya boleh digunakan untuk ban belakang.

Salah satunya seperti pada video yang diunggah oleh akun Instagram @car.mummy, beberapa waktu lalu. Selain itu, disebutkan juga bahwa jika ban depan yang mengalami kebocoran, maka ban belakang harus dipindah ke depan. Sehingga, ban serep space saver tetap digunakan pada roda belakang.

Baca juga: Cek Harga Ban Mobil per Agustus 2024 Sebelum Ganti

Fisa Rizqiano, Deputy Head of Original Equipment (OE) Bridgestone Indonesia, mengatakan, asumsi demikian kurang tepat. Menurutnya, memang ada saran dari beberapa APM, jika memungkinkan beban yang tertuju ke ban serep dikurangi, untuk mengurangi risiko kecelakaan.

Salah satu peralatan penting yang harus selalu ada di mobil adalah set kunci roda. Mill Autoquip Salah satu peralatan penting yang harus selalu ada di mobil adalah set kunci roda.

"Catatan penting bahwa ban space saver ini tidak digunakan secara permanen, jarak jauh atau kecepatan tinggi," ujar Fisa, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

"Sebab, memang tujuannya hanya untuk sementara atau short-term use. Jadi, segera ganti atau diperbaiki jika masih memungkinkan," kata Fisa.

Baca juga: Dua Faktor Penentu Besaran Tekanan Udara Ban Mobil

Fisa menambahkan, secara ukuran memang ban serep space saver lebarnya lebih kecil. Namun, diameter totalnya tidak berbeda jauh, dengan pola telapak yang biasanya beda dengan ban reguler.

Ban serep jenis temporary tire sebaiknya tidak digunakan dalam waktu yang lama saat mudik. keamanan terbaik hanya ada di ban utamaFreepik Ban serep jenis temporary tire sebaiknya tidak digunakan dalam waktu yang lama saat mudik. keamanan terbaik hanya ada di ban utama

"Tidak mengapa (dipakai di roda depan), diganti saja, meskipun posisi depan. Selama tekanan udara sesuai standar (biasanya lebih tinggi dari ban reguler), digunakan sementara, dan tidak dipacu pada kecepatan tinggi," ujarnya.

Pada umumnya, kecepatan maksimum ban serep space saver adalah 80 kpj. Selain itu, jarak tempuhnya juga tidak lebih dari 80 km.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau