Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertamina Enduro VR46 Resmi Jadi Tim Satelit Utama Ducati

Kompas.com - 03/08/2024, 13:26 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Musim depan, Pramac Racing akan menjadi tim satelit Yamaha. Untuk menggantikan status tim satelit utama Ducati, Pertamina Enduro VR46 Racing Team yang menjadi pilihannya.

Kesepakatan multi-tahun telah ditandatangani antara VR46 dengan Ducati. Hanya butuh waktu tiga tahun bersaing di kelas utama, VR46 bisa membuktikan performanya memang pantas untuk menjadi tim satelit utama Ducati.

Baca juga: Selesai Rehat, Pertamina Enduro VR46 Incar Podium di MotoGP Inggris 2024

Tim ini bukan hanya dimiliki seorang pebalap legendaris, Valentino Rossi. Tapi, dijalankan juga oleh orang-orang profesional dan didukung pebalap bertalenta, yang saat ini diisi oleh Fabio Di Giannantonio dan Marco Bezzecchi.

Pebalap Pertamina Enduro VR46 Racing Team saat berlaga pada MotoGP Portugal 2024Dok. VR46 Pebalap Pertamina Enduro VR46 Racing Team saat berlaga pada MotoGP Portugal 2024

Tim balap asal Italia, menggunakan motor Italia, menjadi kombinasi yang tepat. Sejak debut pada 2022, kombinasi keduanya semakin solid dengan tiga kemenangan pada 2023. VR46 juga memberikan kontribusi penting sebagai Tim dalam perolehan poin untuk memenangkan Constructors Championship di tahun yang sama.

Nantinya, Pertamina Enduro VR46 Racing Team akan dibekali satu motor resmi Desmosedici GP25, seperti yang digunakan tim pabrikan, dan satu motor Desmosedici GP24, bersama dengan staf teknis baru dari Ducati.

Baca juga: Yamaha Kejar VR46 buat Jadi Tim Satelit, Syaratnya Berat

Alessio Salucci, Direktur Tim Pertamina Enduro VR46 Racing Team, mengatakan, dirinya merasa bangga untuk mengumumkan bahwa mulai tahun depan timnya akan menjadi tim satelit utama Ducati di MotoGP.

Direktur Utama Pertamina Lubricants Werry Prayogi dan VP Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso melakukan sesi Flag Off parade motor dua pembalap Pertamina VR46 Racing Team saat acara Meet & Greet dan Parade Road To Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024 yang diselenggarakan di The Meru, Sanur, Denpasar, Bali, Sabtu (13/7/2024).dok. Pertamina Direktur Utama Pertamina Lubricants Werry Prayogi dan VP Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso melakukan sesi Flag Off parade motor dua pembalap Pertamina VR46 Racing Team saat acara Meet & Greet dan Parade Road To Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024 yang diselenggarakan di The Meru, Sanur, Denpasar, Bali, Sabtu (13/7/2024).

"Kami akan berada di trek balap dengan motor resmi dan GP24. Jika beberapa tahun yang lalu ada yang mengatakan ini, saya tidak akan mempercayainya. Ini adalah momen yang sangat berarti bagi seluruh tim, mencapai hasil ini hanya dalam tiga tahun, dengan tim yang muda, dengan banyak yang sudah bersama kami dari Moto3, adalah sesuatu yang luar biasa," ujar pria yang akrab disapa Uccio, dalam keterangan resminya.

"Saya ingin berterima kasih kepada semua orang yang bekerja di Tim, para mitra, khususnya Pertamina Lubricants, Ducati, dan Gigi Dall'Igna karena telah mempercayai proyek ini dan berhasil mengembangkannya. Kami menghadapi tahun-tahun penuh tantangan ke depannya, tetapi kami tidak sabar untuk menguji diri kami sendiri dan berusaha mencapai hasil yang lebih ambisius," kata Uccio.

Pertamina Enduro VR46 Racing Team saat berlaga pada MotoGP Catalunya 2024Dok. VR46 Pertamina Enduro VR46 Racing Team saat berlaga pada MotoGP Catalunya 2024

Pada klasemen sementara saat ini, Di Giannantonio berada di peringkat kedelapan dengan 92 poin. Sedangkan Bezzecchi, ada di peringkat keduabelas dengan 53 poin. Pada kategori tim, Pertamina Enduro VR46 Racing Team berada di peringkat kelima dengan total 145 poin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau