Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertamina Enduro VR46 Yakin Naik Podium di MotoGP Italia 2024

Kompas.com - 29/05/2024, 18:36 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pertamina Enduro VR46 Racing Team akan menjadi tuan rumah pada MotoGP Italia 2024 yang digelar di Sirkuit Mugello akhir pekan ini. Tim satelit Ducati ini yakin bisa naik podium bersama kedua pebalapnya, Marco Bezzecchi dan Fabio Di Giannantonio.

Performa Bezzecchi naik dan turun di musim ini. Tapi, untuk balapan di kandang sendiri, Bezzecchi sangat percaya diri. Begitu pula dengan rekan setimnya yang akrab disapa Diggia, pada beberapa seri belakangan ini juga semakin kompetitif.

Baca juga: MotoGP Catalunya Jadi Ajang Pembuktian Pertamina Enduro VR46

Bezzecchi mengatakan, dirinya selalu senang membalap di Mugello, tempat yang benar-benar istimewa. Lintasannya tentu saja merupakan salah satu favoritnya, mungkin favorit mutlak, beberapa rangkaian tikungannya termasuk yang paling spektakuler dari seluruh kalender.

Marco Bezzecchi saat berlaga pada MotoGP Catalunya 2024GORINI_LUCA Marco Bezzecchi saat berlaga pada MotoGP Catalunya 2024

"Lalu ada atmosfernya, kami merasa seperti di rumah sendiri, sorak-sorai dan semua penggemar. Kami datang dari GP yang sulit, kami akan terus memperbaiki aspek-aspek yang mempengaruhi kami di Barcelona, kami tidak akan menyerah dan kami berharap dapat menjalani akhir pekan yang luar biasa di depan penonton Italia," ujar Bezzecchi, dalam keterangan resminya, belum lama ini.

"Saya juga akan memiliki helm khusus, sangat indah dan saya tidak sabar untuk menunjukkannya kepada Anda pada hari Sabtu," kata Bezzecchi.

Baca juga: Pertamina Enduro VR46 Bertahan dengan Ducati, Tagih Motor Pabrikan

Bezzecchi mengaku sudah menemukan masalah understeer yang dialaminya belakangan ini. Dengan begitu, dia semakin optimistis bisa meraih hasil yang positif pada akhir pekan ini.

Marco Bezzecchi saat berlaga pada MotoGP Catalunya 2024GORINI_LUCA Marco Bezzecchi saat berlaga pada MotoGP Catalunya 2024

Diggia mengatakan, ini adalah trek yang fantastis dan atmosfer para penggemar yang ajaib, baik yang berada di tribun maupun yang menghidupkan bukit-bukit di sekitar sirkuit selama tiga hari.

"Saya harap ada banyak orang, warna kuning neon di mana-mana, kami membutuhkan semua dukungan mereka. Kami sudah dekat, kami datang dari lima besar pertama dengan Tim, kami konsisten dan ini adalah aspek yang sangat penting. Saya ingin melakukannya dengan baik, kami sangat dekat," ujar Diggia.

Fabio Quartararo saat berlaga pada MotoGP Catalunya 2024Dok. VR46 Fabio Quartararo saat berlaga pada MotoGP Catalunya 2024

Saat ini, Diggia berada di peringkat kesembilan pada klasemen sementara dengan total 62 poin. Sedangkan Bezzecchi, berada di peringkat kesepuluh dengan 42 poin.

Direktur Utama PT Pertamina Lubricants Werry Prayogi, mengatakan, balapan di Sirkuit Mugello ini adalah balapan di kandang Pertamina Enduro VR46 Racing Team. Sehingga, Bezzecchi dan Diggia punya strategi tersendiri agar bisa tampil kompetitif.

Fabio Quartararo saat berlaga pada MotoGP Catalunya 2024GORINI_LUCA Fabio Quartararo saat berlaga pada MotoGP Catalunya 2024

"Tapi kalau Kita melihat pencapaian mereka di beberapa seri terakhir di paruh pertama musim 2024 ini, baik Marco maupun Fabio bisa beradaptasi cepat dengan Ducati Desmosedici GP23. Ini jadi kunci penting, terutama masalah pengereman, saat berada di tikungan bahkan saat akselerasi," ujar Werry.

"Mewakili PT Pertamina Lubricants sebagai pendukung utama tim ini dan Fans Pertamina Enduro VR46 Racing Team di Indonesia, Kami berharap Marco dan Fabio bisa mendapatkan hasil terbaik di laga kandang mereka dan membawa panji-panji produk asli Indonesia di kejuaraan dunia ini," kata Werry.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com